Pohon Besar Roboh, Tutup Jalur Lumajang-Malang via Ranupani

832

Senduro (WartaBromo.com) – Sebuah pohon berukuran besar di sekitar Kali Cilik tumbang hingga menutupi jalur utama menuju Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kamis (18/11) sore. Akibatnya, akses jalan Lumajang – Malang pun tertutup.

Tumbanya pohon ini diduga karena sudah berusia puluhan tahun. Batang pohon tersebut sudah rapuh dan kondisi tanah yang kurang kuat akibat tergerus air hujan setiap hari.

Salah satu petugas Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Resort Ranupani, Khaerul Sholeh mengatakan saat ini masih dilakukan penanganan oleh petugas TNBTS dan BPBD Kabupaten Lumajang. Ada warga dan relawan yang juga membantu.

Penanganan diperkirakan akan memakan waktu  cukup lama, karena ukuran pohon sangat besar.

Baca Juga :   Kejar PAD, Dua Pos Tiket Akan Dibangun di P30

“Iya ini masih proses pemotongan dan pembersihan jalur pohonnya besar,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Akibat kejadian itu, jalur Ranupani dari arah Lumajang masih belum bisa dilalui untuk sementara waktu. Jalur ini tutup total hingga proses pemotongan dan pembersihan selesai dilakukan.

“Belum bisa dilewati,” imbuhnya.

Pernyataan ini diamini oleh Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang. Ia menyampaikan sudah ada tim yang melakukan penanganan.

“Iya, sudah ada tim yang naik untuk penanganan pohon tumbang di Desa Ranupani,” ujarnya.

Sementara pengendara yang sudah melintas dari arah Desa Ranupani menuju Lumajang terpaksa harus menunggu atau memutar balik kendaraanya. (rul/may)