Tak Melulu Tertancap Benda Tajam, Ini Penyebab Lain Ban Bocor

353
ban bocor

Pasuruan (wartabromo.com) – Ban bocor sering kali diduga karena tertancap paku. Padahal, ada berbagai penyebab lain yang selama ini tak begitu disadari para pengguna kendaraan.

Secara general, ada beberapa yang jadi penyebab kendaraan bocor. Hanya saja, pada umumnya ada faktor utama yang menyebabkan kebocoran, salah satunya adalah kondisi ban tak lagi bagus.

Namun dilansir dari detik.com, selain itu ada pula penyebab lain yang dianggap sepele. Apa saja?

Yuk, simak!

1. Massa Ban Berkurang

Sama seperti benda lain, ban juga ada masa usia. Semakin sering digunakan, maka ban akan lebih cepat menipis dan mudah bocor. Apalagi jika kondisi ban sudah tipis dan kerap digunakan untuk melintasi jalanan terjal bebatuan tajam, maka sudah pasti akan mudah bocor.

Untuk menghindari kebocoran halus, pastikan untuk mengecek kondisi ban sebelum kendaraan digunakan. Ini sangat penting agar ketika bepergian tidak kesulitan mencari tukang tambal ban.

2. Pentil Bermasalah

Sebagai pengguna kendaraan haruslah tahu kondisi detail tumpangannya, khususnya urusan ban. Jangan cuma memompa saja, melainkan cek juga bagian pentilnya.

Apa pentingnya pentil dan apa hubungannya dengan ban bocor? Kondisi pentil yang mulai kendor juga dapat menyebabkan ban mengalami kebocoran. Bocornya pun serupa seperti bocor halus.

Apakah bisa ditangani sendiri? Tentu saja! Saat bepergian, bawalah alat pembuka pentil. Kemudian kencangkan pentil yang kendor, akan tetapi jika keadaan pentil sudah tak layak, segera ganti yang baru.

3. Kondisi Velg yang Rusak

Velg yang penyok ternyata juga bisa jadi sebab kebocoran pada ban. Pasalnya, velg yang sudah bengkok dapat memicu munculnya ruang kosong/ rongga di sekitar ban.

Bagaimana jika hal ini terjadi? Tidak lain adalah membawa ke bengkel agar velg bisa dibetulkan seperti sedia kala. Akan tetapi jika kerusakan sudah parah, maka tidak ada pilihan lain selain mengganti dengan yang baru.

Untuk mendapatkan komponen kendaraan berkualitas unggulan dan terjangkau, beli saja di sini. (trj/may)