Pantauan via Udara, Cak Thoriq: Medan Berat, Lahar Panas Nampak Asap

957

Lumajang (WartaBromo.com) – Pagi ini, Bupati Lumajang melakukan pemantauan udara wilayah di sekitar lereng Semeru. Terpantau medan sulit untuk evakuasi karena ada asap.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengatakan, saat melakukan pemantauan via udara atau helikopter, terlihat sejumlah titik mengeluarkan asap.

“Tadi saya memantau via udara. Keadaannya sangat sulit, medannya berat. Di samping itu lahar panasnya masih nampak asapnya,” ujar Cak Thoriq melalui sambungan telpon bersama Metrotv.

Cak Thoriq mengatakan, pemerintah saat ini fokus untuk melakukan evakuasi besar-besaran. Di antaranya dengan menyiapkan pemadam kebakaran untuk membersihkan jalan. Kemudian juga melibatkan water canon untuk membersihkan lokasi evakuasi.

“Saat tadi apel evakuasi, saya berpesan pastikan bahwa tim evakuatornya juga selamat. Jadi beberapa desa di Kecamatan Candipuro sudah dibagi. Di area sekitar aliran lahar Semeru yang penuh dengan lava panas,” lanjutnya.

Baca Juga :   Jumlah ODP Pasuruan-Probolinggo Capai 130 Orang, hingga Lolos SKD, 337 Peserta CPNS Kota Pasuruan Siap-siap Hadapi SKB | Koran Online 27 Maret

Selain itu, menurut pantauan via udara, area persawahan warga juga rusak. Sungai yang  kedalamanannya 60 sampai 80 meter ini pun kini sejajar dengan sawah. (may/ono)