Balita di Wirogunan ‘Disunat’ Jin, Begini Penjelasan Medisnya

837
Rusman bersama IR, putranya yang dikabarkan disunat jin. Foto: Amal Taufik

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peristiwa ‘disunat’ jin dipastikan adalah mitos. Dunia medis memiliki penjelasan soal kasus tersebut.

Salah satu dokter di Kabupaten Pasuruan, Ugik Setyo Darmoko membeberkan, kejadian yang menimpa IR (3,5), balita di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, biasa disebut parafimosis.

Ia menjelaskan, parafimosis merupakan kasus di mana kulup penis tertarik ke belakang dan tidak bisa kembali seperti semula.

“Kejadian seperti ini memiliki penjelasan di dunia medis. Kalau soal (‘disunat’ jin) itu mitos,” ujar Ugik, Senin (13/12/2021).

Ugik, yang juga merupakan dokter yang biasanya mengkhitan anak laki-laki mengaku hal tersebut bukan sesuatu yang asing baginya. Ia sering menemui kasus semacam itu.

Baca Juga :   Tak Ada Salat Id di Masjid Kabupaten Probolinggo hingga Segini Kekayaan Duet Gus Irsyad – Gus Mujib | Koran Online 23 Mei

Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan mitos semacam itu. Jika menemui kasus semacam itu, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mengetahui kondisinya secara medis.

“Itu harus dibawa ke dokter. Dia harus disunat betul. Karen biasanya bentuknya tidak sempurna,” imbuh Ugik.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Kamis (09/12/2021) warga Wirogunan dihebohkan dengan kabar IR ‘disunat’ jin. Ini sebabnya penis IR tiba-tiba terlihat seperti sudah dikhitan usai kencing.

Salah satu tetangga IR, Zainal membenarkan bahwa warga banyak yang berpendapat bahwa IR ‘disunat’ jin. Menurutnya, pendapat warga itu juga dihubungkan dengan momen dan waktu kejadian.

“Kebetulan kan itu hari Kamis, waktunya pas maghrib, dan kencingnya di depan rumah. Lalu di sini juga dekat makam. Ya begitu, akhirnya mungkin dihubungkan atau bagaimana,” ujarnya. (tof/asd)