Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Pakan Tambahan Agar Ikan Lele Jadi Sehat

12645

Pasuruan (wartabromo.com) – Agar panen lele hasil budidaya bagus dan sehat, peternak harus jeli memilih pakan tambahan. Sebab, jika asal-asalan memberi pakan tambahan, maka lele bisa penyakitan.

Nah, untuk mencegah hal demikian, para pembudidaya Ikan Lele dapat memberikan pakan tambahan dari tumbuh-tumbuhan. Apa saja tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan pakan lele agar tak penyakitan?

Dinukil dari beberapa sumber, berikut macam-macamnya!

1. Daun Pepaya

Letakkan daun pepaya segar di atas air kolam lele. Nantinya, dalam beberapa hari, daun tersebut akan dipenuhi yang kemudian akan jadi makanan bagi ikan Lele.

Daun Pepaya sangat bagus bagi imunitas dan kekebalan tubuh lele. Sehingga dapat mencegah lele terserang penyakit apabila kadar air kolam sedang tidak baik. Tak hanya itu, daun Pepaya juga bisa menjaga kadar pH kolam lele.

2. Daun Singkong

Selain daun Pepaya, daun Singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk lele budidaya. Pasalnya, tumbuhan satu ini memiliki kadar protein yang baik apabila dikonsumsi lele.

Bagaimana cara memberikannya? yaitu dengan merebus daun singkong segar yang sudah dipetik. Tunggu sampai benar-benar matang, lalu dinginkan. Setelah itu peras daun singkong dari air rebusan.

Kemudian, rendam lagi daun singkong yang sudah diperas ke dalam air biasa. Tunggu setengah hari, lalu jemur daun singkong yang sudah direndam sampai kering. Nah, barulah hasilnya bisa langsung diberikan ke lele.

3. Batang Pisang

Apabila usia lele sudah 1-2 minggu, maka batang pisang bisa diberikan sebagi makanan alternatif. Cara memberikannya pun sangat mudah, mula-mula potong batang pisang jadi beberapa bagian.

Setelah itu bersihkan zat lilin sampai bersih dan masukkan ke dalam kolam yang berisi lele. Diamkan selama 2-3 hari, nantinya dari batang pisang inilah larva akan muncul dan jadi makanan lele.

Sebagai informasi, semua tumbuhan di atas hanya bisa dijadikan pakan tambahan. Artinya, untuk menjaga pertumbuhan lele maksimal dan berkualitas unggul, tetap beri pelet sebagai makanan utamanya.

Pakan lele berkualitas bisa dibeli di sini(tri/yog)