Ada Gempa di NTT, Danau Ranu Grati Ikut Berombak

2368

Grati (wartabromo.com) – Beriringan dengan Gempa bumi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/2021) siang. Muncul fenomena tak biasa di Danau Ranu Grati Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Danau yang biasanya memiliki permukaan air yang tenang tersebut tiba – tiba bergelombang laksana ombak kecil sehingga air danau pun meluber hingga ke tepian danau.

Gambaran gelombang luberan air di Danau Ranu Grati tersebut sempat diabadikan melalui rekaman video pendek oleh sejumlah pemuda yang sempat nongkrong di kawasan setempat.

“Iya berombak. Biasanya gak kaya gitu, ” ujar Joko Sudarman, salah satu pemuda yang rumahnya tak jauh dari lokasi.

Joko sendiri tak mengerti, ombak tersebut apakah terkait dengan gempa di NTT atau tidak?. Namun, kejadian yang terjadi di Danau Ranu bertepatan dengan Gempa magnitudo 7,4 di perairan Larantuka Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :   Koran Online 31 Des : Lumajang Masuk Daftar Bahaya Tsunami, hingga Proyek SPAM Umbulan 3 Jadi Ajang “Bancakan”

Sementara itu, salah seorang warga mengatakan, fenomena gelombang ombak di danau ranu juga sempat terjadi saat terjadinya Gempa Palu dan Donggala pada tahun 2018 silam.

“Sama persis kayak waktu kejadian gempa di palu juga gitu, danau ranu tiba – tiba berombak, ” ungkapnya. (don/yog)