3 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Agar Anak Berpendidikan Tinggi

675

Pasuruan (wartabromo.com) – Sekarang pendidikan jadi salah satu kebutuhan primer yang tak boleh diabaikan. Meski tak menjamin kesuksesan, orang yang berpendidikan tinggi memiliki nilai plus tersendiri.

Misalnya, pola pikir yang lebih maju, wawasan luas, pengalaman banyak dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Oleh karenanya, di era milenial ini, banyak orang tua berlomba mengusung anaknya agar bisa mencapai pendidikan setinggi-tingginya.

Untuk mensukseskannya, tentu sebagai orang tua harus melakukan berbagai kiat dan upaya agar anak berhasil mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

Dinukil dari beberapa sumber, berikut yang bisa dilakukan:

1. Beri Keyakinan pada Anak Tentang Pentingnya Pendidikan

Sedini mungkin, tanamkan keyakinan pada anak bahwa pendidikan amat penting dalam kehidupan. Baik di masa muda maupun saat tua nanti.

Baca Juga :   5 Life Skill Penting yang Harus Diajarkan pada Anak

Selain itu, dari tahun ke tahun, banyak lapangan pekerjaan yang mensyaratkan kandidat berpendidikan tinggi, minimal sarjana. Usahakan juga untuk memberikan dukungan terkait bakat dan minat anak.

2. Bantu Cari Beasiswa

Keterbatasan ekonomi sering kali jadi alasan orang tua untuk menyerah memberikan pendidikan tinggi untuk anak. Keadaan ini juga yang pada akhirnya membuat seorang anak tak ada pacuan semangat.

Jangan khawatir, sebab sekarang ini berbagai beasiswa sudah disediakan banyak lembaga, baik dari kementerian, intern maupun ekstern. Pilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan berpeluang besar.

3. Miliki Tabungan Pendidikan

Ketika bertekad menyekolahkan anak sampai jenjang tertinggi, pastikan untuk punya tabungan pendidikan. Buat estimasi biaya pendidikan mulai 5 sampai 10 tahun ke depan.

Baca Juga :   Minggu Besok Pagi Al-Yasini Wisuda Virtual

Jangan sampai ketika anak butuh biaya mendadak malah tak punya tabungan atau malah harus mencari pinjaman. Usahakan tabungan pendidikan anak tersimpan dengan baik agar tidak menyulitkan. (trj/may)