Mobil yang Dibawa Kabur Imigran Palestina Ditemukan di Masjid Karangketug

10110

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mobil dinas milik Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci yang dibawa kabur imigran asal Palestina ditemukan. Mobil tersebut didapati di Masjid Hidayatullah, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Dalam rekaman CCTV milik masjid, terlihat mobil Chevrolet Orlando berpelat merah yang dibawa pelaku, Moin D. Habib tersebut melaju dari arah selatan atau arah Kelurahan Kebonagung.

Mobil bernopol N 1030 SP itu kemudian diparkir di area parkir masjid. Tak lama kemudian Moin D. Habib keluar dari mobil. Ia mengenakan kaos hitam, celana putih, dan kopyah.

Lelaki 41 tahun tersebut tampak berjalan dengan santai keluar masjid lalu berbelok ke utara arah Simpang Tiga Karangketug.

Baca Juga :   20 Imigran Afghanistan Dikirim ke Rudenim Bangil

Takmir Masjid Hidayatullah, Muhdi mengatakan, ia baru tahu mobil itu berada di masjid saat maghrib tadi. Mobil dengan bodi depan rusak itu sempat menjadi perhatian warga.

“Saya tidak tahu awalnya. Lalu saya pulang, lihat ponsel. Di grup WA ada yang share mobil pelarian. Saya baru sadar itu mobil yang di masjid,” kata Muhdi.

Setelah itu takmir langsung menghubungi pihak kepolisian. Muhdi menyebut tidak ada yang tahu jam berapa Moin D. Habib bersama mobilnya tiba di masjid.

Malam ini, sejumlah petugas kepolisian dan petugas rudenim tampak berada di lokasi menggali keterangan dari saksi-saksi. Mobil Chevrolet Orlando itu kemudian dibawa polisi.

Sebagaimana diketahui, siang tadi Moin D. Habib kabur dari Rudenim Surabaya yang terletak di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Mantan napi kasus perampokan di Jakarta ini kabur dari blok pada saat jam makan siang membawa mobil dinas dan menabrak gerbang Rudenim. (tof/asd)