WNA Palestina yang Kabur dari Rudenim Pernah Terlibat Perampokan

1383

Pasuruan (WartaBromo.com) – Satu penghuni Rudenim Surabaya di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan kabur, Minggu (02/12/2022). Ia diketahui bekas napi perampokan.

Kepala Rudenim Surabaya, Satyo Budiwardoyo membeberkan, penghuni rudenim yang kabur bernama Moin D. Habib dan berkewarganegaraan Palestina.

Moin D. Habib sebelumnya merupakan tahanan narapidana kasus perampokan di Jakarta. Ia sudah selesai menjalani masa hukumannya tahun 2021 dan pada tanggal 17 Desember 2021 kemarin ia dikirim ke Rudenim Surabaya untuk kemudian dipulangkan.

“Jadi dia ini sebenarnya tinggal nunggu pulang aja ke negaranya,” kata Satyo.

Tampaknya Moin D. Habib bakal lebih lama lagi menetap di Indonesia usai aksinya kabur dan membawa lari mobil dinas milik Rudenim Surabaya siang tadi.

Baca Juga :   Kurun 2017, 78 Imigran Gelap Huni Rumah Detensi Imigrasi Surabaya

Pria berusia 41 tahun tersebut kabur pada pukul 12.00 WIB tepatnya saat jam makan siang. Ia mengelabui petugas dengan berjalan melipir pagar pembatas blok, mengaku hendak ambil jemuran. Namun ternyata ia berjalan ke arah pintu keluar dan menuju area parkir.

Awalnya Moin D. Habib hendak mengambil motor yang ada di tempat parkir, namun ketahuan petugas. Ketika petugas hendak menghentikannya, ia melawan.

Sempat terjadi keributan di tempat parkir hingga akhirnya ia berhasil mengambil kunci mobil dinas Chevrolet Orlando warna hitam bernopol N 1030 SP tersebut dan menyalakannya. Mobil itu sempat menabrak tiang tempat parkir beberapa kali hingga menyebabkan bodi depannya rusak.

Setelah itu mobil langsung melaju ke arah gerbang rudenim. Seorang petugas sempat mencoba menghalangi mobil yang hendak kabur tersebut, tetapi akhirnya mobil menabrak gerbang hingga terbuka dan kabur.

Baca Juga :   Imigran Palestina yang Kabur dari Rudenim Bangil Ditangkap di Jakarta

“Kami sudah laporkan ke polres. Saat ini polisi sedang melakukan pencarian. Masyarakat juga kami imbau untuk waspada,” imbuh Satyo. (tof/asd)