Gus Ipul Jadi Sekjend PBNU, Bagaimana Nasib Kota Pasuruan?

815
Gus Ipul Ditunjuk Jadi Sekjend PBNU

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saifullah Yusuf, Wali Kota Pasuruan ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal PBNU 2022 – 2027. Belum diketahui, apakah Gus Ipul akan fokus ke PBNU saja, atau menjabat keduanya sekaligus.

Keputusan soal Sekjend ini tertuang dalam Keputusan PBNU No: 01/A.11.04/01/2022. Kemudian melalui pengumuman jajaran kepengurusan, KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU secara resmi membacakan nama Gus Ipul sebagai Sekjend PBNU.

Lalu, bagaimana nasib Kota Pasuruan?

Saat ini Gus Ipul memang masih menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Ia memenangi pilkada tahun 2020 lalu dan baru dilantik pada bulan Februari 2021 kemarin.

Soal ini, Gus Yahya menjelaskan bahwa akan segera ada pengumuman lewat surat keputusan (SK), apakah Gus Ipul tetap akan menjadi Wali Kota Pasuruan sekaligus Sekjend PBNU atau harus melepas salah satu.

“Saya sampaikan acuan norma umum, syarat dan hal terkait kepengurusan akan diproses segera, termasuk apabila ada sekjend yang masih Wali Kota akan disegera diproses,” kata Gus Yahya dilansir dari Kompas TV.

Sebagaimana diketahui, Muktamar NU di Lampung menjadikan Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 mengalahkan Said Aqil Siradj yang telah menjabat dua periode.

Gus Yahya mengatakan, dalam kepengurusannya nanti PBNU akan lebih banyak diisi kader-kader muda. Mereka akan lebih dominan dalam menjalankan berbagai program NU ke depan.

“Kader muda NU akan lebih banyak tampil,” kata Gus Yahya. (tof/may)