Tips Jadi Freelancer Sukses, Yuk Lakukan!

1262

Pasuruan (wartabromo.com) –  Kini profesi sebagai freelancer begitu digandrungi orang. Betapa tidak, pekerjaan satu ini berpotensi menghasilkan pendapatan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal banyak.

Tak hanya itu, seorang freelancer pun tak perlu repot-repot datang ke kantor atau terpaku pada aturan paten. Pasalnya, pekerjaan lepas bisa dikerjakan di mana dan kapan saja.

Kendati terlihat mudah, bukan berarti seorang freelancer bisa dengan cuma-cuma mendapatkan penghasilan besar tanpa usaha. Dibutuhkan tekad dan tips khusus agar bisa jadi freelancer sukses.

Dilansir dari kompas..com, berikut tipsnya:

1. Cari Tahu Fee Minimum Untuk Upah Freelance

Tips pertama agar jadi freelancer yang sukses adalah mencari tahu fee minimum untuk upah freelancer. Misalnya, bagi yang ingin jadi freelancer fotografi maka cari tahu informasi harga terendah sebuah foto.

Baca Juga :   Profesi Unik yang Cocok Untuk Orang Tak Suka Diatur dan Dikekang

Ini sangat penting agar hasil pekerjaanmu tidak dihargai sembarangan. Pastikan untuk menyesuaikan harga sesuai dengan hasil karya dan upgrade terus skill agar bisa mendatangkan banyak pelanggan.

2. Rajinlah Bekerja

Penyakit yang sering dialami para freelancer adalah malas, kenapa? karena cenderung menganggap pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan santai. Nah, kalau ingin jadi seorang freelancer yang sukses, maka rajinlah bekerja.

Ingat! Banyak sedikitnya pendapatan yang diperolah seorang freelancer tergantung dari tingkat rajin tidaknya dalam bekerja. Apabila malas-malasan, maka pendapatan akan menurun dan begitu pula sebaliknya.

3. Pastikan Bekerja Sesuai Deadline

Kerja freelance tak bisa lepas dari sebuah deadline karena harus berhubungan langsung dengan client. Apabila client memintamu untuk selesai pukul delapan pagi, maka sebisa mungkin kumpulkan tepat waktu.

Baca Juga :   Purnawiyata SMK PGRI 2 Pasuruan, Cetak 281 Wisudawan Siap Kerja

Atau bisa juga kumpulkan sebelum deadline yang ditentukan. Apabila tips ini kamu lakukan, maka client akan senang bekerja sama dan semakin bersemangat untuk memberi pekerjaan lain. (trj/may)