Dapat Kiriman Air Bromo, 2 Kecamatan di Probolinggo Banjir

936

Dringu (WartaBromo) – Dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo dilanda banjir pada Ahad, 6 Februari 2022. Banjir terjadi setelah hujan deras di wilayah tersebut, serta kirim air dari wilayah lereng Gunung Bromo.

Kontributor wartabromo.com, Happy Lailatuansyah menyebut, air berwarna coklat tua mulai masuk ke permukiman pada Ahad petang. Mengalir deras melalui jalan gang hingga jalan Daendels. Di beberapa gang di daerah Siwalan, Desa Kedung Dalem jebol. Termasuk daerah Bandaran, Desa Dringu juga tak luput dari serbuan air.

“Dari pertigaan Dringu di selatan hingga ke utara Jalan Daendels sudah seperti sungai. Saya tak bisa kemana-mana, karena konsentrasi di daerah sendiri agar tak jebol,” ucap warga Dusun Krajan, Desa Dringu itu.

Baca Juga :   Mabuk, Pelajar di Probolinggo Nyaris Tewas Dilindas Bus

Warga, kata jurnalis berambut kribo itu, sibuk mengamankan wilayahnya masing-masing. Seperti memperkuat tembok penangkis agar menahan air di depan gang. Cara itu dilakukan agar bagian dalam rumah tak kembali terendam lumpur seperti banjir yang lalu.

“Ketinggian air bervariasi tergantung jebol apa ndan. Kalau di rumahku ini, warga sudah mengantisipasi di depan gang membuat dan, termasuk mengantisipasi di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Pusdalops BPDB Kabupaten Probolinggo mencatat ada 2 kecamatan yang alami banjir, yakni Kecamatan Dringu dan Tongas. Di wilayah Bromo seperti Kecamatan Kuripan, Sumber dan Sukapura diguyur hujan deras dengan durasi cukup lama. Menyebabkan debit air di Sungai Laweyan meninggi hingga terjadi banjir dan masuk kerumah warga di Desa Tanjungrejo Kecamatan Tongas.

Baca Juga :   PAD Wisata Kabupaten Probolinggo Kurang Rp1,8 miliar

Debit air tinggi juga tercatat di Sungai Kedung Galeng yang bermuara di Desa Dringu. “Hujan cukup tinggi, sehingga air sungai meluap dan terjadi banjir. Ketinggiannya bervariasi,” sebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Supri Sayoga.

Ia menyebut saat ini, air terpantau mulai menyusut di wilayah Tongas. Di Dringu, BPBD telah menurunkan TRC ke lokasi banjir. “Insya Allah ndak naik lagi, karena atas mulai surut. Semoga cepat surut juga disitu (Dringu),” ucapnya sambil berharap hujan reda. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.