Imigran Palestina yang Kabur dari Rudenim Bangil Ditangkap di Jakarta

658

Pasuruan (WartaBromo.com) – Moin D. Habib, deteni asal Palestina yang kabur ditangkap di Jakarta. Kini ia dikembalikan lagi ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Jaya Saputra membeberkan, Moin ditangkap di wilayah Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (22/02/2022) lalu.

Setelah ditahan selama semalam di Jakarta, Moin kemudian dikembalikan lagi ke Rudenim Surabaya yang terletak di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Jaya menyebut, usai dikembalikan ke Rudenim pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Polres Pasuruan terkait tindak pidana yang dilakukan Moin.

Moin diketahui telah melakukan membawa kabur mobil dinas milik Rudenim, menyerang petugas, dan merusak aset negara. Perbuatan Moin itu akan diserahkan ke polisi untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga :   WNA Palestina yang Kabur dari Rudenim Pernah Terlibat Perampokan

“Kami siap membantu penyidik. Salah satunya dengan memberikan informasi dan bukti yang dibutuhkan,” kata Jaya.

Seperti diketahui, Moin D. Habib kabur dari Rudenim Surabaya yang terletak di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 2 Januari 2022 kemarin.

Moin mengelabui petugas saat hendak masuk jam makan siang hingga berhasil kabur dari blok tahanan. Ia sempat berkelahi dengan sejumlah petugas rudenim sebelum kemudian membawa kabur mobil dinas.

Kaburnya Moin ini sempat viral di media sosial. Sebuah video amatir menunjukkan aksinya menabrak pagar rudenim menggunakan mobil dinas. Malam itu juga, petugas rudenim bersama polisi memburu Moin dan akhirnya menemukan mobil yang dibawa kabur di Masjid Karangketug, Kota Pasuruan. (tof/asd)