Ternyata Ini Penyebab Tikus Bersarang di dalam Rumah

1062

Pasuruan (wartabromo.com) – Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang kehadirannya dianggap merugikan manusia. Sebab keberadaannya sering kali membuat kotor dan merusak barang.

Belum lagi, tikus suka bersarang di dalam rumah meskipun keadaan rumah terjamin bersih. Sebenarnya, apa sih yang membuat tikus suka hidup di dalam rumah manusia?

Dilansir dari kompas.com, berikut penyebabnya!

1. Adanya Tempat yang Hangat

Banyak penghuni rumah yang tak menyadari kalau tikus dan hewan pengerat lain suka bersarang di tempat yang hangat dalam rumah. Misalnya di dalam kamar tidur, di pojok gudang, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu usahakan untuk membersihkan dan mengecek tempat-tempat tertutup yang minim cahaya. Itu akan membantu untuk menghilangkan keberadaan tikus dalam rumah.

Baca Juga :   Lima Perusahaan di Kabupaten Pasuruan Dapat Cap Merah dari Kementerian LHK

2. Terdapat Lubang

Terkadang orang bingung mengapa tikus bisa masuk ke dalam rumah padahal pintu dan jendela sudah tertutup rapat. Ternyata, ada lubang kecil yang memungkinkan tubuh mereka memasukinya.

Tikus bahkan tak segan membuat lubang yang kecil menjadi besar demi bisa masuk ke dalam rumah manusia. Biasanya itu dilakukan jika area yang terdapat lubang mudah digemburkan.

3. Terdapat Makanan yang Tidak Ditutup dengan Benar

Seperti diketahui, tikus bukan hewan pemilih makanan, ia bisa mengonsumsi makanan apa saja. Mulai dari susu, daging hingga sayuran.

Tak heran kalau tempat utama yang menjadi sarang tikus adalah dapur. Dan sebagai penghuni rumah pasti kerap memergoki tikus sedang lewat di atas meja makan saat ada makanan tidak tertutup. (trj/may