Banjir Landa Kota Pasuruan, Gus Ipul: Kami Minta Maaf

1073

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir melanda empat kecamatan di Kota Pasuruan, Jumat (25/02/2022). Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta maaf karena belum bisa mengatasi banjir.

Saat ini di Kota Pasuruan mengalir tiga sungai besar yakni Sungai Gembong, Sungai Petung, dan Sungai Welang. Gus Ipul menyebut, tiga sungai tersebut perlu normalisasi.

“Selain di hulu sungai terdapat masalah seperti deforestasi ditambah curah hujan tinggi yang kerap terjadi belakangan,” ujar Gus Ipul, Sabtu (26/02/2022).

Tiga sungai besar yang ada di Kota Pasuruan tersebut, kata Gus Ipul, perlu dilakukan normalisasi. Namun masalahnya, tiga sungai besar itu adalah kewenangan provinsi dan pusat.

Sekjen PBNU tersebut mengaku, pemkot hingga kini masih mengupayakan solusi mengatasi banjir ini. Termasuk meminta bantuan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Baca Juga :   Cuaca Buruk, Nelayan Andalkan Ikan di Perairan Dangkal

“Kami minta maaf kepada warga Kota Pasuruan belum bisa mengatasi banjir. Memang banyak yang perlu dibenahi. Kami akan terus mencari solusi. Perlu langkah bersama dan menyeluruh,” imbuh Gus Ipul.

Sebagaimana diketahui, hujan deras mengguyur Kota Pasuruan pada Jumat sore hingga malam kemarin. Akibatnya banjir pun merendam tengah kota.

Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan sempat terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Sejumlah jalan dan pemukiman lainnya juga terendam banjir. Banjir mulai surut sekitar pukul 21.00 WIB, meski hingga Sabtu (26/02/2022) pagi ini beberapa titik masih tergenang banjir. (tof/asd)