Porprov 2022 Digelar 25 Juni, Memperebutkan 5.183 Medali

2296
Salah satu kegiatan pemusatan latihan cabang olahraga.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII – 2022 sudah didapat informasi terbaru. Ya, event bergengsi dalam kompetisi cabang olahraga ini digelar pada 25 Juni – 3 Juli 2022.

Porprov kali ini digelar dalam 4 tuan rumah atau Kabupaten. Yakni, Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso. Hampir sama dengan Porprov 2019 lalu dengan 4 Kabupaten. Yakni Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban.

“Ya, kita sudah mendapat edaran atau pemberitahuan dari event Porprov tahun ini. Dan kita sudah menyiapkan diri dengan baik,” ujar H Moch Mulyadi, Ketua Umum KONI Kabupaten Pasuruan, kemarin.

Pihak KONI Jatim sendiri sebenarnya juga sudah membuat laporan kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa tentang Porprov VII-2022 ini. Acara pembukaan bakal digelar pada Sabtu (25 Juni). Dan penutupan pada Minggu 3 Juli. Hanya saja, belum ditentukan venue pembukaan dan penutupan. Apakah di Jember atau Lumajang.

Baca Juga :   Mulyadi Terpilih Sebagai Ketua KONI, Bupati Pasuruan Janjikan Rp. 5 Miliar

Setelah KONI Jatim memberikan laporan, barulah pihak Gubernur akan memberikan surat edaran akan pelaksanaan Porprov tahun ini.

Porprov kali ini bakal mempertandingkan 47 cabor. Kemudian ada 4 cabor digelar secara eksibisi. Yakni, Arung Jeram, e-Sport, Softball dan Baseball.

Selain 47 cabor, nomor yang dipertandingkan sebanyak 737 nomor. Dan medali yang diperebutkan sebanyak 5.183 keping medali. Baik medali emas, perak, maupun perunggu.

Sekedar diketahui, dalam Porprov VI-2019 lalu, Kabupaten Pasuruan menempati peringkat ke-6. Dengan Raihan 188 poin. Poin tersebut didapat dari akumulasi medali emas sebanyak 27 keping. Lalu, 23 perak dan 34 perunggu.

Peringkat Kabupaten Pasuruan dalam Porprov 2019 lalu meningkat dua digit dari Porprov sebelumnya yang berada di peringkat 8. Hanya saja pada Porprov 2019 lalu, kontingen Kabupaten Pasuruan masih kalah bersaing dengan kontingen 5 besar diatasnya. Yakni, Kota Surabaya, Kota Kediri, Kabupaten Sidoarjo, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Baca Juga :   Luar Biasa! Tim Sepakbola Pasuruan Gasak Tuan Rumah Gresik, 2 Gol Tanpa Balas

“Target kami ndak muluk-muluk. Kami ingin bisa meraih peringkat ke 5 besar. Naik satu strip saja. Syukur-syukur kalau bisa peringkat 4 tentu lebih baik,” harap Abah Mul, panggilan akrabnya.

Mulyadi berharap beberapa cabor yang mengikuti Pra Porprov mampu lolos ke ajang Porprov. Untuk Porprov 2022 ini, ada 6 cabor yang bakal digelar Pra Porprov. Yakni, Bola Basket, Sepak Bola, Bola Voli Indoor, Catur, Futsal dan Pencak Silat.

Pra Porprov ini rencananya dilaksanakan pada akhir Maret. Namun, karena dianggap mendekati bulan puasa Ramadan, informasi terakhir bakal ditunda setelah Hari Raya Idul Fitri.

Sementara untuk cabor yang dipertandingkan di masing-masing tuan rumah, terbanyak ada di Kabupaten Jember. Dengan 18 cabor. Lalu, Lumajang 14 cabor, 11 cabor di Situbondo. Dan 7 cabor di Kabupaten Bondowoso. (day/asd)