Ini Makanan yang Bisa Dimasak dengan Pasir, Mau Coba?

757

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain digunakan sebagai material bahan bangunan, pasir juga dikenal sebagai media untuk memasak. Di Indonesia, mungkin makanan yang terkenal bisa dimasak dengan pasir hanyalah kerupuk.

Padahal, dilansir dari berbagai sumber ada bahan makanan lain yang juga bisa dimasak menggunakan pasir. Penasaran? Berikut diantaranya yang bisa dicoba:

1. Kacang

Sebagian orang mungkin pernah makan kacang panggang pasir. Makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini punya rasa yang lebih lezat dan renyah.

Kendati demikian, berbeda dengan kacang yang digoreng menggunakan minyak, kacang panggang pasir ini lebih cepat alum. Juga proses memasaknya jauh lebih lama.

2. Ikan

Siapa sangka ternyata ikan juga bisa dimasak menggunakan pasir? Namun, jangan salah! ikan yang akan dimasak harus dibungkus dengan daun pisang lbih dahulu dan diberi bumbu di dalamnya.

Jadi, seperti memasak pepes khas Indonesia. Untuk hasil maksimal, disarankan menggunakan tungku kayu dan pasir khusus sangrai agar panasnya bisa meresap dengan sempurna.

3. Kentang

Makanan berikutnya yang bisa dimasak dengan pasir adalah kentang. Di India makanan ini dibei nama Bhuna Aloo.

Bagaimana cara memasaknya? Mula-mula kentang utuh dimasukkan dalam pasir yang sudah panas. Kemudian dimasak sambil terus diaduk hingga matang. Setelah itu barulah kentang panggang pasir bisa dinikmati. (trj/yog)