Perilaku Sederhana yang Bisa Datangkan Pahala di Bulan Ramadan

542

Pasuruan (wartabromo.com) – Ramadan merupakan bulan pernuh berkah bagi umat muslim. Di bulan ini umat muslim berlomba melakukan segala kebaikan agar bisa mendapat pahala.

Tak perduli seberapa kecil dan sederhana sebuah perbuatan, bila dilakukan di bulan Ramadan semua akan berlipat ganda pahalanya. Bahkan ada banyak sekali perbuatan sederhana yang bisa datangkan pahala di bulan Ramadan.

Dinukil dari liputan6.com, berikut diantaranya:

1. Senyuman yang Tulus

Tak hanya bernilai ibadah, memberikan senyuman yang tulus kepada sesama juga dapat memupuk hubungan baik. Seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, dengan senyuman yang tulus maka jalinan kekeluargaan antar umat bisa terjaga.

Sebagaimana tertera dalamĀ hadits riwayat At-Tirmidzi, Aisyah ra. mengatakan, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah.”. Menebarkan senyum tulus di bulan Ramadan bisa mendatangkan kebahagiaan kepada sesama.

Baca Juga :   Pentingnya Berinvestasi Bagi Masa Depan

2. Menyiapkan Makanan Untuk Berbuka dan Sahur

Selain memberi senyuman, perbuatan baik sederhana yang mendatangkan pahala di bulan Ramadan adalah menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur. Baik untuk keluarga sendiri maupun orang yang membutuhkan.

Tak perlu hidangan mewah, cukup makanan yang mengenyangkan, bergizi dan sehat. Siapkan makanan dengan rasa ikhlas dan tanpa terpaksa, maka Allah SWT akan memberikan pahala berlipat.

3. Membaca Al-Qur’an

Di bulan Ramadan kebanyakan umat Muslim memilih berdiam diri di rumah saat hari libur. Nah, untuk mengisi kekosongan waktu, baca saja Al-Qur’an.

Walau hanya satu atau dua lembar, usahakan konsisten membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan. Sebab, semua perilaku baik di bulan penuh berkah ini pahalanya dilipat gandakan. (trj/may)