Warga Grati Blokir Jalan, Protes Jalan Rusak Akibat Truk Tambang

910

Grati (WartaBromo.com) – Ratusan warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan memblokir jalan raya di daerah setempat. Mereka memprotes jalan rusak akibat truk tambang.

Pantuan wartabromo, aksi blokir jalan raya itu terjadi pada Kamis (07/04/2022) pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Para warga memasang palang disertai poster dan baliho di tengah jalan akibatnya sejumlah truk pengangkut batu pun sempat terhenti.

Kepala Desa Kebonrejo, Supandi mengatakan, aksi warga tersebut merupakan aksi spontan. Warga kesal karena lalu lalang truk tambang menyebabkan jalan raya rusak dan menimbulkan polusi debu.

“Kalau ada dump truk itu kan 40 ton dan itu bukan kelasnya. Lalu muat batu. Abunya itu masuk rumah dan musala,” kata Supandi kepada WartaBromo.

Baca Juga :   Kios di Pasar Trewung Terbakar

Menurut Supandi, tuntutan warga ada 2 yakni perbaikan jalan dan kompensasi dampak debu akibat lalu lalang dump truk pemuat batu.

Selama menjabat sebagai kepala desa, Supandi mengaku, belum pernah ada kompensasi dari pemilik truk atas dampak polusi debu ke pemukiman di pinggir jalan raya.

Dalam pertemuan dengan koordinator tambang pagi tadi, menurut Supandi, pihak tambang sudah memberikan kompensasi untuk perawatan jalan. Namun begitu Supandi mempertanyakan ke mana kompensasi itu.

“Intinya belum beres. Titik temunya nanti hari Sabtu. Kalau Sabtu tetap tidak ada titik temu, hari Minggu atau Senin demo lagi. Tuntutan masyarakat minta jalan diperbaiki dan kompensasi dampak debu,” imbuh Supandi. (tof/yog)