Perbuatan Sepele yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa

580

Pasuruan (wartabromo.com) – Di bulan Ramadan yang penuh berkah, setiap umat Muslim berlomba melakukan kebaikan. Bahkan, banyak sangat berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu karena takut tindakannya mengurangi pahala puasa.

Untuk itu, Rasulullah SAW mewanti-wanti umatnya agar menjauhi maksiat dan perbuatan dosa yang berpotensi menodai ibadah selama Ramadan. Peringatan ini pun tertulis dalam hadis yang diriwayatkan Thabrani.

Betapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga,” (H.R. Thabrani).

Nah, dilansir dari liputan6.com, berikut perbuatan sepele yang bisa mengurangi pahala puasa:

1. Ghibah

Ghibah merupakan perbuatan membicarakan keburukan atau aib orang lain. Meskipun yang dibicarakan sesuai dengan kenyataan, tetapi ghibah tetaplah menyakiti perasaan orang lain.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Ratusan Tukang Becak di Kota Pasuruan Dapat Paket Sembako

Bahkan, ghibah merupakan salah satu perbuatan keji yang tidak disukai Allah Swt. Dan dengan jelas Allaw Swt berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 12;

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik … ” (QS. Al-Hujurat [49]: 12).

2. Berbicara Kotor dan Kasar

Terkadang ketika berbicara dengan orang lain, mulut acap kali tak sengaja mengucapkan kata-kata kotor dan kasar, baik sengaja maupun tidak. Nah, selama menjalankan puasa Ramadan sebaiknya berusaha agar selalu berbicara yang baik-baik.

Baca Juga :   Rekomendasi Toples Plastik Kekinian Murah Berkualitas

Pasalnya, berbicara kotor dan kasar bisa mengurangi pahala puasa. Tentu, tidak mau kan pahala puasa jadi terkikis hanya karena kata-kata sepele yang kasar dan kotor?

3. Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain

Seperti diketahui, iri dan dengki merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya. Meski perbuatan ini tak merugikan orang lain, namun iri dan dengki bisa memupuk dendam dalam hati.

Daripada membuang waktu dengan merasa iri dan dengki, sebaiknya perbanyak ibadah kepada Allah Swt selama bulan Ramadan. Juga, turutlah bahagia jika melihat orang lain bahagia dan ketahuilah bahwa  banyak hal untuk disyukuri daripada sekadar iri terhadap orang lain. (trj/may)

Simak video: