Dua Umat Beda Agama Rukun : ‘Saya Jaga Parkir, Kamu Sholat Ied’

1813
Pemuda Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Desa Tejowsngi ikut berpartisipasi menjaga parkir kendaraan jamaah sholat ied di Masjid Roudlatul Qodiriyah Juri

Purwosari (wartabromo.com) – Kumandang takbir membahana di Masjid Roudlatul Qodiriyah Dusun Juri Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Senin (1/5/2022) pagi.

Ratusan umat muslim di kampung itu berduyun – duyun keluar rumah di pagi buta untuk menunaikan ibadah sholat Ied pada hari ini. Mereka bergerak dari rumah menuju masjid, mulai dari berjalan kaki hingga berkendara.

Di sudut jalan masjid, selain anggota Banser Ansor Tejowangi, sejumlah orang sibuk membantu menata posisi kendaraan para jamaah. Mereka bukan panitia atau remaja masjid, melainkan warga kristiani dari Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang ada di kampung setempat.

Mereka sengaja hadir tanpa diminta di momen pelaksanaan sholat Ied untuk membantu secara sukarela pihak masjid menjaga motor para jamaah.

Baca Juga :   Foto : Sholat Idul Fitri Warga Muhammadiyah di Gedung Harmonie

“Terima kasih, kita rukun dan tetap saling membantu termasuk saat ini, ” ujar Nurhadi, Nadhir Masjid sesaat sebelum pelaksanaan sholat.

Dusun Juri, Desa Tejowangi merupakan satu – satunya Desa di Kecamatan Purwosari yang berdiri dua rumah ibadah dari agama berbeda. Keberadaannya sudah ada sejak puluhan tahun dan saling hidup damai berdampingan.

Untuk diketahui, Sholat Idul Fitri di Masjid Roudlatul Qodiriyah dilaksanakan sekitar pukul 06.30 WIB dengan Imam dan Khotib yakni Ustadz Fauzi. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan pesan tentang kerukunan antar sesama dan juga sikap saling memaafkan.

“Sing gampang nyepuro. Sing rukun biar kita bisa menjaga persatuan. Momen idul Fitri ini marilah kita jadikan diri kita sebagai orang yang senantiasa berbuat baik terhadap orang lain ” pesannya. (yog/yog)