Bupati Pasuruan Raih Gelar Doktor dengan Desertasi Soal Kopi Kapiten

1677

Malang (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf SE.MMA kini mempunyai titel baru setelah dinyatakan lulus S-3 melalui ujian terbuka disertasi program Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya, Jumat (20/05/2022) pagi.

Selama mengikuti ujian terbuka, Pimpinan Sidang memberikan waktu dua jam kepada Bupati Irsyad Yusuf untuk mempresentasikan disertasinya yang ia beri judul “Pengembangan Kopi Kapiten dalam Membangun Brand Kabupaten Pasuruan sebagai Daerah/Kawasan Agropolitan”.

“Saya rintis ini bertahun-tahun agar ada brand nama untuk kopi di Kabupaten Pasuruan yang potensinya sangat besar di 8 kecamatan. Sampai ketemulah nama Kapiten ini,” ujarnya.

Menurutnya, dirinya memilih judul disertasi tersebut karena melihat potensi daerah yang dipimpin. Yakni, Kabupaten Pasuruan sebagai penghasil kopi dengan cita rasa yang khas. Potensi tersebut belum digali secara optimal dan masih memiliki peluang untuk dimaksimalkan.

Baca Juga :   Santer Nama-Nama Calon Kepala Dinas Baru Kabupaten Pasuruan

”Harapan saya dari hasil penelitian ini menjadi referensi penentu kebijakan pada pemerintahan di masa yang mendatang,” ungkapnya.

Dalam penelitian tersebut, lanjut Gus Irsyad, dirinya menggunakan teori Triple Helix. Teori ini dipopulerkan oleh Etzkowitz dan Leydersdorff (1995) yang merupakan suatu pendekatan dalam menciptakan kerja sama dari tiga aktor. Yaitu, akademik (A), bisnis (B), dan pemerintah (G). Sinergi ini mampu untuk membangun ekonomi berbasis pengetahuan.

Ujian akhir terbuka ini dihadiri oleh para penguji. Diantaranya Prof Dr Moh Khusaini, SE, M.Si, MA sebagai Pimpinan Sidang. Sedangkan para pengujinya beranggotakan tiga orang, yakni Prof Dr Gatot Ciptadi, DESS,IPU sebagai Penguji I, kemudian Dr.Agr.Sc.Hagus Tarno,SP.MP sebagai Penguji 2, serta Dr.rer.pol Muhammad Faishal Aminuddin,SS.M.Si sebagai Penguji 3.

Baca Juga :   Pengamat : Irsyad Tak Ada Prestasi, Kinerja SKPD Dipertanyakan

Tak hanya para penguji, sidang terbuka penuntasan studi S-3 Bupati Irsyad ini juga dihadiri para promotor seperti Prof Dr Marjono, M.Phil; Prof Luchman Hakim,S.Si.M.agr.Sc.Ph.d dan Fadillah Putra, S.Sos.M.Paff,P.Hd.

Di luar sidang, ada nama KH. Yahya Cholil Staquf yang tak lain adalah Ketua Umum PBNU (Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama) yang hadir untuk melihat secara langsung sidang terbuka Bupati Irsyad.

Hadir pula Sekjen PBNU yang juga Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf, anggota Forpimda Kabupaten Pasuruan hingga Para Pejabat yang merupakan Staf Bupati Irsyad Yusuf.

Tak ketinggalan, ibunda Bupati Irsyad Yusuf, Nyai Hj Solichah Yusuf juga hadir untuk memberikan doa dan support plus didampingi sang menantu, Ny Lulis Irsyad Yusuf dan keluarga. (mil/yog)