Belasan Ribu KIS Mati, Pemkot Pasuruan Siap Aktifkan Kembali, Begini Caranya

920

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot mendorong warga Kota Pasuruan lebih peduli pada jaminan kesehatan. Hingga saat ini pemkot mencatat ada belasan ribu Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang mati.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena membeberkan, di Kota Pasuruan terdapat 19.642 peserta KIS non aktif. Mereka sebagian besar adalah PHK perusahaan dan peserta mandiri yang punya tunggakan.

“Selain itu drop up yang dibiayai APBN,” kata Shierly, Selasa (31/05/2022).

Shierly menyebut, warga yang KIS-nya mati atau tidak aktif, selama mereka mau pindah sebagai peserta kelas 3, maka bisa mengurus ke Dinas Kesehatan.

Pemkot memiliki program bernama program pelangi. Program pelangi merupakan program pelayanan pengaktifan KIS walaupun memiliki tunggakan premi.

Baca Juga :   Karyawan PT KTI Probolinggo Terinfeksi Covid-19

Setelah mendaftar ke Dinas Kesehatan, tunggakan peserta KIS akan dibekukan dan KIS mereka akan aktif kembali. Tak hanya itu, beban premi akan dibayarkan oleh Pemkot Pasuruan.

“Caranya bisa langsung mengurus ke Mal Pelayanan Publik. Di sana nanti stan dinas kesehatan,” imbuh Shierly.

Program pelangi ini juga dibuat dalam rangka meningkatkan capaian universal health coverage (UHC) di Kota Pasuruan. Saat ini capaian UHC di Kota Pasuruan sudah 99 persen. (tof/**)