Banjir Rob Kembali Genangi Pesisir Pasuruan

473

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir rob kembali menggenangi sejumlah wilayah di pesisir Pasuruan. Banjir diperkirakan akan menggenang hingga empat hari ke depan.

Banjir rob diketahui menggenangi Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, dan Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan pada Senin (13/06/2022).

Kasubnit Lidik Polair Pasuruan, Aipda Laswanto mengatakan, banjir mulai memasuki wilayah pemukiman pada pukul 09.00 WIB. Namun genangan tak berlangsung lama.

“Ketinggiannya antara 15 hingga 20 sentimeter. Tapi pukul 11.00 WIB tadi sudah surut,” kata Laswanto.

Laswanto menyebut, banjir rob masih berpotensi akan kembali terjadi hingga empat hari ke depan dan bahkan juga berpotensi genangan semakin tinggi.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan setempat untuk mengimbau para nelayan yang melaut untuk memerhatikan keselamatan.

Baca Juga :   Penelusuran Pencemaran Sungai wangi Dibayangi ‘Preman’

Selain itu, polair juga meminta desa atau kelurahan mengimbau agar anak-anak tidak diperbolehkan bermain di pinggir pantai.

Menurut Laswanto, sebanyak 28 desa dan kelurahan di wilayah pesisir Kota dan Kabupaten Pasuruan, mulai wilayah Kecamatan Beji hingga Kecamatan Lekok, berpotensi tergenang banjir rob.

“Yang rawan di wilayah Kraton, Bangil, Panggungrejo, dan Lekok,” imbuh Laswanto. (tof/asd)