Serentak, Bawaslu Kota Pasuruan Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

748

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bawaslu RI menggelar kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara serentak. Kegiatan ini dimulai pada 14 Juni, pukul 08.00.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dan diikuti seluruh jajaran Bawaslu Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, termasuk Bawaslu Kota Pasuruan.

“Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu RI kita ikuti secara daring dengan menyaksikan siaran langsung melalui zoom meeting dan YouTube,” ujar Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh Anas usai mengikuti kegiatan tersebut.

Anas menjelaskan kegiatan apel Siaga Pengawasan sebagai tanda tahapan Pemilu 2024 yang dimulai tepat pada 14 Juni 2024. Jajaran Bawaslu diharapkan dapat melakukan tugasnya sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca Juga :   PR Berat Bawaslu setelah "Miliki Kewenangan" Awasi Pilkada

Usai mengikuti acara apel, Bawaslu Kota Pasuruan juga menyiapkan meja layanan pendaftaran pemantau Pemilu. Pihaknya berharap pada Pemilu 2024 mendapatkan mitra pengawasan dari pemantau Pemilu guna meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga marwah demokrasi secara tepat.

“Usai apel, kita juga sudah siapkan layanan meja layanan pendaftaran pemantau pemilu. Dengan adanya peran pemantau pemilu nantinya juga mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan secara aktif pada setiap tahapan pemilu. Sehingga kualitas pemilu meningkat dengan garansi integritas dan hasil pemilu dapat dipertanggung jawabkan,” tegasnya. (day)