Tips Memilih Sandal Jepit yang Aman dan Nyaman Digunakan Saat Berkendara

539

Pasuruan (wartabromo.com) – Imbauan soal tak dianjurkannya pemotor memakai sandal jepit saat berkendara yang disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas ) Polri pada Operasi Patuh 2022, pada (15/06/2022) membuat publik ramai.

Pasalnya, sebagian besar masyarakat menilai terlalu berlebihan, apalagi bagi yang kesehariannya hanya sekadar ke pasar atau mengantar sekolah. Padahal, tujuan dan maksud dari imbauan ini adalah untuk meminimalisir fatalitas akibat kecelakaan.

“Mohon maaf saya bukan men-stressing pakai sendal jepitnya, tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu. Karena kalau sering pakai motor (dengan sandal jepit) kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi, itulah fatalitas,” terang Irjen Pol Firman Shantyabudi dilansir dari suara.com

Baca Juga :   Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Pemalu

Nah, meski begitu Bolo, bukan berarti sandal jepit tak boleh digunakan dalam keseharian. Tentu boleh-boleh saja asalkan alas kaki tersebut nyaman dan aman digunakan.

Tapi bagaimana cara memilih sandal jepit yang aman dan nyaman digunakan? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Pilih Bahan Footbed yang Nyaman Dikaki

Sekalipun hanya sandal jepit, jangan asal memlih. Pilihlah yang berbahan footbed agar ketika digunakan untuk berjalan atau berkendara tetap nyaman.

Ada tiga jenis bahan yang sering dipakai untuk membuat sandal jepit, yakni rubber, ethylene vinyl acetate (EVA), dan leather. Ketiga bahan tersebut tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

2. Sesuaikan dengan Aktivitas Keseharian

Selanjutnya, Bolo juga perlu menyesuaikan desain sandal jepit dengan kegiatan. Misalnya, bagi yang kesehariannya mengantar anak kesekolah, maka gunakan sandal jepit yang leather atau EVA.

Baca Juga :   Hai Bund, Yuk Ketahui Manfaat Musik Untuk Perkembangan Bayi

Selain lebih nyaman diguakan, model sandal jepit dengan bahan tersebut bisa dipadu padankan dengan pakaian yang digunakan. Nah, agar lebih aman Bolo juga menutup kaki dengan kaos kaki bila hendak keluar rumah.

3. Pilih Sandal yang Tidak Berhak Tinggi

Seiring perkembangan jaman, model sandal jepit semakin variatif. Ada yang flat dan ada juga yang didesan berhak tinggi seperti sepatu pesta.

Tentu tak masalah, namun bagi yang lebih sering mengendarai motor dalam aktivitas keseharian, disarankan untuk memilih sandal jepit yang tidak berhak tinggi. Atau paling tidak, cukup berhak ukuran 2-3 cm. (trj)