Pemuda Hilang di Bromo Kok Bisa Ditemukan di Jurang, Ini Kata Tim Pencari

9135
Roni Nur Efendi, pemuda yang dikabarkan hilang di Bromo.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Roni Nur Efendi (20), pemuda yang hilang di Kawasan Bromo, ditemukan selamat di tebing jurang. Belum ada penjelasan bagaimana pemuda ini berada di jurang.

Pada Minggu (19/06/2022), sepeda motor beserta barang-barang Roni ditemukan seperti jaket, kaos, ponsel ditemukan petugas di Pusung Dhuwur, jalan ke arah penanjakan.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNBTS, Basarnas, polisi, dan warga setempat melakukan pencarian sejak hari Minggu dan pada hari ketiga, yakni Selasa (21/06/2022), Roni ditemukan di tebing bawah Pusung Dhuwur.

Kapolsek Tosari, AKP Slamet Aji mengatakan, Roni ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat. Pemuda asal Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang tersebut berada di tebing bawah berjarak 200 meter dengan kemiringan 70 derajat.

Namun begitu, Slamet mengaku belum bisa memberikan penjelasan bagaimana Roni bisa berada di tebing bawah tersebut.

“Dia tidak saya tanya tentang itu. Yang jelas kita berupaya menemukan korban,” kata Slamet.

Hal yang sama juga disampaikan Dantim Basarnas, Adhie Dwi. Adhie mengaku belum dapat menjelaskan bagaimana kronologi Roni berada di tebing bawah Pusung Dhuwur.

Ia hanya menjelaskan, Roni ditemukan saat tim gabungan menyisir lokasi sekitar Pusung Dhuwur. Saat dievakuasi kondisinya lemas karena dehidrasi. Sekarang Roni telah dijemput keluarganya pulang ke Malang.

“Kami mengimbau para wisatawan, kalau berangkat bareng, ya pulang bareng. Jangan sampai temannya ditinggal,” kata Adhie.

Seperti diberitakan sebelumnya, Roni Nur Efendi hilang di kawasan Bromo. Roni diketahui berangkat bersama tujuh orang temannya pada Sabtu (18/06/2022) malam.

Mereka langsung menuju ke penanjakan dan dilanjutkan ke lautan pasir. Pada Minggu siang, Roni pamit pulang lebih dulu. Namun tak lama kemudian sepeda motor, kaos, jaket, dan ponsel Roni ditemukan di sekitar Pusung Dhuwur, sementara Roni sendiri hilang dan baru ditemukan hari ini. (tof/yog)