Selam Melesat, Kabupaten Pasuruan Masih Peringkat Dua Peraih Medali Terbanyak

108

Lumajang (WartaBromo.com) – Di hari kedua ajang Porprov VII Jatim 2022, perebutan peringkat terus berkejaran. Namun, kontingen Kabupaten Pasuruan sampai tadi malam masih bertengger di posisi kedua membuntuti Kota Surabaya.

Dalam laman website KONI Jatim yang dirilis pukul 19.00, posisi Kabupaten Pasuruan tidak bergeser. Masih di posisi kedua dengan 123 poin. Jumlah poin tersebut dihasilkan dari 21 emas, 16 perunggu dan 18 perak.

Membuntuti di tempat ketiga adalah Kota Kediri dengan 92 poin. Hasil dari 17 emas, 8 perak dan 9 perunggu. Di hari kedua ini, Kota Kediri menyalip perolehan medali dari Kabupaten Malang.

Padahal, sehari sebelumnya, kontingen Kabupaten Malang masih mengungguli Kota Kediri di posisi ketiga. Bahkan perolehan emasnya hanya terpaut 2 emas dari Kabupaten Pasuruan. Saat itu Kabupaten Malang mengemas 55 poin. Raihan 7 emas, 9 perak dan perunggu.

Persaingan perebutan medali ini terus dinamis. Karena masih banyak peluang para atlet seluruh kontingen untuk mendapatkan medali. Di event Porprov, emas dihitung dengan 4 poin. Perak 2 poin dan 1 poin untuk perunggu.

“Ya, kita semua berharap peringkat kedua ini terus kita pertahankan,” cetus Moch Mukhlis, Wakil Ketua Umum KONI Kabupaten Pasuruan di posko induk Jember, Senin (27/06/2022).

Peluang emas di hari kedua terbanyak diraih oleh cabang olahraga Selam. Bertanding di Kolam Renang Veteran Lumajang. Cabor unggulan ini melesat sebaga juara umum (sementara). Mengalahkan Kota Surabaya atau Gresik sebagai langganan juara.

Selam Kabupaten Pasuruan mampu mendulang 9 emas, 6 perak dan 4 perunggu. Peraih 9 emas direbut peselam Aiko di nomor 400 surface.

Indah di nomor 100 Bifin. Kemudian, nomor Estafet 4 x 100 Bifin Putera. Estafet diperkuat lima peselam atas nama Septian Dwi, Dewa Yuda Anugrah, Firman Maulana Saputra, Mukhamad Wildan Khabibi dan Muchammad Nurul Habib.

Selam juga diraih di nomor Estafet 4 x 100 Bifin Putri atas nama Indah, Della Sofiatus Sa’ada, Maritza Aiko, Qhofifil Aien dan Thalita Laelani. “Di hari pertama kita dapat 4 emas,” ujar Ketua Cabor Possi, M Munir.

Kemudian di hari kedua, Senin (27/06/2022), cabor selam kembali menyabet 5 emas. Kelima emas itu dicatat Firman Maulana di nomor 200 Bifin. Lalu, Della S. 200 Bifin. Qofifil Aien Berjaya di nomor 50 surface.

Dan Indah di nomor 50 bifin. Nomor estafet 4×100 surface mix turut membawa nama harum Kabupaten Pasuruan. Nomor estafet peraih emas ini atas nama Renaldo, Radhitya, Qhofifil, Raffi dan Lina.

“Kita masih ada peluang merebut medali lagi di hari ketiga besok. Doakan saja bisa mengemas emas secara maksimal,” cetusnya. (day/*)