Cara Aman Konsumsi Daging di Tengah Wabah PMK

75

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jelang Hari Raya Idul Adha, wabah PMK belum juga usai. Keadaan ini tentu membuat masyarakat khawatir dan bingung bagaimana cara aman mengkonsumsi dagingnya.

Pasalnya, menurut Dokter spesialis penyakit dalam dr Erni Juwita Nelwan penularan PMK pada manusia sebetulnya bisa terjadi. Meski tak menimbulkan efek sakit, namun tentu mengancam kesehatan.

“Sangat transmissible untuk manusia tapi sangat sulit untuk menembus barrier yang ada, sehingga efek sakitnya memang jarang di manusia. Bisa masuk virusnya, tetapi semua patogen, bakteri, virus itu harus ada reseptornya di dalam tubuh manusia tersebut, reseptor itu kemudian mampu mereplikasi,” jelas Erni dinukil dari detik.com.

Meski begitu, daging hewan yang terkena PMK bukan berarti tak boleh dimakan. Bahkan, boleh disembelih dan dijadikan kurban.

Hanya saja, untuk mencegah penularan, sebaiknya ketahui cara mengolah daging di tengah wabah PMK. Bagaimana caranya?

  • Didihkan. Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendidihkan langsung daging tanpa dicuci. Cara ini berlaku bagi semua daging, baik yang dibeli di pasar, supermarket atau daging kurban.
  • Panaskan. Setelah itu, masak dengan cara memanaskan di suhu minimal 70 derajat Celcius selama 30 menit.

Itulah cara aman mengkonsumi daging di tengah wabah PMK. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsinya, ya Bolo. (trj)