Porprov VIII 2023, Tuan Rumah Sidoarjo Mojokerto dan Jombang

163

Jember (WartaBromo.com) – Gelaran Porprov VII Jatim 2022 resmi berakhir tadi malam. Sebelum Porprov ditutup, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah memutuskan bahwa Porprov VIII akan digelar setahun mendatang, yakni pada 2023.

Sedianya jika dirunut, Porprov digelar dua tahunan. Itu berarti sedianya Porprov VIII akan digelar pada 2024.

Namun, pada tahun itu, ada gawe besar negara hingga daerah yakni, Pilpres, Pileg, Pilgub dan Pilkada di tahun yang sama. Meskipun tidak serentak, namun jika dibarengkan dengan event Porprov di tahun 2024 yang sama akan terasa menyulitkan.

Sehingga melalui pertimbangan tersebut, Gubernur Khofifah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur bernomor 188/439/KPTS/013/2022 tentang Penunjukan Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VIII Tahun 2023, SK tersebut tertanggal 1 Juli 2022.

Baca Juga :   Voli Probolinggo Babat Jember 3-0

Dalam SK tersebut, ada tiga/empat wilayah yang ditunjuk sebagai tuan rumah yang disebut Sidoarjo Raya. Yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. “Penunjukan Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto sebagai Tuan Rumah Bersama Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VIII Tahun 2023″. Berikut isi putusan pertama dalam SK tersebut.

Sesuai putusan kedua, lanjut bunyi SK tersebut, menugaskan tuan rumah Porprov VIII untuk mulai merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penyelenggaraan.

Selanjutnya, mulai mempersiapkan sarana, prasarana dan anggaran yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Sementara Ketua Umum KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil sebagaimana dikutip Harian Nasional News.com, mengaku gembira dengan SK Gubernur tentang penunjukkan tuan rumah Porprov VIII Jatim 2023. Karena dengan demikian KONI Jatim sudah langsung bersiap untuk menggelar ajang multievent dua tahunan ini.

Baca Juga :   Porprov VI Jatim, Peringkat Kabupaten Pasuruan Naik Dua Digit

“Alhamdulillah, Ibu gubenur sudah memutuskan Sidoarjo Raya untuk menjadi tuan rumah Porprov VIII 2023 nanti. Dengan demikian kami sudah langsung bersiap dan daerah yang ditunjuk juga bisa secepatnya melakukan persiapan,” kata Nabil.

Menurut Nabil dengan kejelasan SK Gubernur tersebut, maka diharapkan semua kabupaten/kota dan KONI masing-masing sudah mulai menyusun program untuk Porprov mendatang. Terutama Sidoarjo, Jombang, Kota dan Kabupaten Mojokerto sebagai tuan rumah. (day/*)