Peringkat ke-6 di Porprov Jatim VII, Kabupaten Pasuruan Bawa Pulang 37 Medali Emas

346

Lumajang (WartBromo.com) – Multievent olahraga Porprov VII Jatim 2022 resmi berakhir tadi malam (3/07/2022). Bagaimana peringkat tim Kabupaten Pasuruan? Dimana letak posisinya?

Warta Bromo.com mengulas jalannya pertandingan mulai awal hingga akhir. Termasuk mengikuti peringkat dari hari ke hari.

Sejak hari pertama dan kedua dibuka, Kontingen Kabupaten Pasuruan bisa tersenyum lebar. Karena mampu bertahan di posisi dua besar. Namun, pada hari ketiga, keempat dan kelima, posisinya mulai disalip kontingen lain. Seperti Kota Malang, Kediri, dan Sidoarjo.

Pada hari kelima, posisi Kabupaten Pasuruan melorot kelima besar. Baru memasuki hari keenam, posisinya Kembali terancam Kabupaten Malang. Sehingga, kontingen Bumi Sakera inipun harus puas di posisi enam besar. Dan peringkat enam besar ini bertahan sampai Porprov VII resmi ditutup di Stadion Semeru Lumajang tadi malam.

Baca Juga :   12 Atlet Kabupaten Pasuruan Berlaga di PON XX Papua

Posisi enam besar yang diraih Kabupaten Pasuruan ini sama dengan posisi pada Porprov VI di Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Hanya saja, jika dilihat dari perolehan medalinya, maka Porprov VII tahun 2022 ini, prestasinya jauh lebih baik.

Kontingen Kabupaten Pasuruan pada Porprov VII ini meraih 272 poin. Hasil dari 121 medali. Yakni, 37 emas, 40 perak dan 44 perunggu.

Bandingkan dengan Porprov VI 2019 lalu. Peringkat sama enam besar se Jatim. Namun, poin dan medalinya berbeda. Saat itu, Kabupaten Pasuruan meraih 188 poin. Hasil dari 84 medali. Yakni, 27 emas, 23 perak dan 34 perunggu.

Poin dalam Porprov dihitung dengan rumus medali. Yakni medali emas diberikan 4 poin. Perak 2 poin dan perunggu 1 poin.

Baca Juga :   Cerita Dibalik Babak Final Tim Sepakbola Kabupaten Pasuruan Vs Kabupaten Jember

Jika dikembalikan dengan target awal yakni, meraih 5 besar, tampaknya belum kesampaian. “Beberapa faktor tentu akan kita evaluasi pasca Porprov VII ini,” cetus H Moch Mulyadi, Ketum KONI Kabupaten Pasuruan.

Sementara untuk peringkat 1 diraih oleh Kontingen Kota Surabaya dengan 843 poin. Lalu, peringkat kedua Kota Malang dengan 486 poin. Kabupaten Sidoarjo di peringkat ketiga dengan 459 poin.

Kemudian Kabupaten Malang di peringkat keempat dengan 349 poin. Dan peringkat kelima ditempati Kota Kediri dengan 335 poin.

Bagaimana dengan peringkat Kabupaten Pasuruan pada Porprov VIII mendatang? Kita tunggu saja. (day/*)