Pemkot Pasuruan Gelar UMKM Carnival, Mas Adi: Saatnya Genjot Ekonomi Kota Pasuruan

549

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar safari bazar produk UMKM Pasuruan Bangkit (UMKM Carnival) di GOR Untung Suropati pada hari Jum’at (1/7/2022).

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo membuka secara langsung gelaran acara yang bekerjasama dengan UMKM persada tersebut.

“Dua tahun lebih boleh dikatakan kita absen pada momentum – momentum bazar seperti ini, maka kesempatan UMKM Carnival menjadi salah satu kegiatan yang boleh dikatakan kegiatan pertama pasca menurunnya pandemi covid 19 di kota Pasuruan,” ujar Mas Adi.

Menurutnya, upaya kreatif dan inovasi dengan digitalisasi UMKM akan menjadi harapan bangkitnya ekonomi untuk tumbuh dan berkembang kembali.

“UMKM harus adaptif terhadap perubahan-perubahan pasar dengan melakukan inovasi-inovasi sesuai dengan ekspektasi pasar hari ini karena konsumen kita juga semakin cerdas,” pesannya.

Baca Juga :   KPK Bongkar Sampah Cari Dokumen yang Diduga Dibuang hingga Waria Digrebek | Koran Online 30 Sep

Kota Pasuruan, lanjutnya, punya banyak produk khas yang menjadi warisan leluhur. Dimana produk-produk tersebut diharapkan bisa menyemarakkan pasar penjualan bagi UMKM, khususnya di ajang UMKM Carnival.

“Pemerintah Kota Pasuruan tentu sangat membutuhkan sekali sinergi dan kolaborasi dengan dunia usaha harapannya bisa menjadi salah satu jembatan ke sektor-sektor dunia usaha, ke investor investor di luar sana,” ungkap Mas Adi.

Tak cuma itu, demi menjamin keamanan dalam berdagang ia berpesan pada UMKM Persada untuk ikut mendampingi UMKM. Tak lain agar mempunyai NIB (Nomor Induk berusaha) dan PIRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) guna melakukan sharing pasar.

“Sektor UMKM kita mengadakan kembali pasar kita sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini nanti bisa difollow up dan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang lebih baik lagi, untuk mensiarkan produk-produk khas kota Pasuruan,” pungkas Mas Adi.

Baca Juga :   Gus Irsyad dan New Normal

Sekadar diketahui, pembukaan UMKM Carnival ditandai dengan pelepasan burung merpati. Kemudian Mas Adi mengunjungi stand-stand didampingi camat se Kota Pasuruan, kepala perangkat daerah terkait dan stand diikuti UMKM se Kota Pasuruan. (trj/**)