Fraksi HNP Desak Pemkot Bikin SPB Solar untuk Nelayan

107

Pasuruan (WartaBromo.com) – Masih sulitnya nelayan di Kota Pasuruan untuk mendapat solar jadi sorotan dewan. Dewan mendesak pemkot menyediakan stasiun pengisian bahan bakar di pesisir.

Hal ini disampaikan oleh Fraksi Hanura NasDem PDI Perjuangan (HNP) dalam pandangan umum fraksi di Kantor DPRD Kota Pasuruan, Senin (18/07/2022).

Juru bicara Fraksi HNP, M. Sulaiman mengatakan, kelangkaan solar bersubsidi yang diperuntukkan nelayan di pesisir Kota Pasuruan masih jadi persoalan hingga saat ini.

Dewan juga telah melakukan hearing, baik dengan nelayan maupun dinas terkait. Menurutnya, kebutuhan solar untuk nelayan di pesisir Kota Pasuruan tiap harinya cukup besar. Jumlahnya mencapai 36.000 liter per hari.

“Maka sudah saatnya pemkot hadir untuk menyiapkan SPB untuk nelayan di wilayah pesisir Kota Pasuruan,” kata Sulaiman.

Baca Juga :   Pasca Atap Ambruk, Warga Padati SDN Gentong

Selain soal kelangkaan solar, Fraksi HNP juga menyorot soal rencana pemkot untuk revitalisasi Pelabuhan Pasuruan.

Sulaiman menyebut, dalam proyek revitalisasi pelabuhan, pemkot juga perlu melakukan normalisasi Sungai Gembong. Khususnya di wilayah muara sungai yang berada di wilayah Panggungrejo.

“Ini agar parkir perahu nelayan tidak di tengah-tengah sungai, tetapi tertata rapi di timur sungai,” tutup Sulaiman.

Pandangan umum fraksi ini akan dijawab oleh eksekutif pada rapat paripurna III yang akan digelar di Kantor DPRD Kota Pasuruan pada Rabu (20/07/2022). (tof/may)