Petik Laut Asyura, Ratusan Warga Pesisir Pasuruan Berharap Tangkapan Ikan Melimpah

213
Petik Laut Asyura, Ratusan Warga Pesisir Pasuruan Berharap Tangkapan Ikan Melimpah
Petik Laut Asyura, Ratusan Warga Pesisir Pasuruan Berharap Tangkapan Ikan Melimpah

Kraton (WartaBromo.com) – Ratusan nelayan dan warga di Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan melakukan larung sesaji di laut. Kegiatan itu dilakukan warga sebagai wujud syukur atas tangkapan ikan setahun terakhir.

Berkumpul di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pulokerto, antusias warga terlihat sejak pukul 07.30 WIB. Nelayan bersama sejumlah keluarnya ikut hadir dalam acara tersebut untuk mengucap syukur atas tangkapan ikan yang didapat setahun yang lalu.

Samian, salah satu nelayan yang ikut dalam acara petik laut itu mengatakan, kegiatan ini biasanya rutin dilakukan pada bulan asuro. Warga hingga sanak saudara berkumpul untuk melaksanakan larung sesaji atau tasyakuran Desa.

Dengan membawa sesaji berupa kepala sapi untuk dibuang ke laut disertai iringan doa dan diikuti oleh warga sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rejeki dari Tuhan.

Baca Juga :   Larung Sesaji Ranu Grati Betot Perhatian Warga

“Sesaji berupa kepala sapi mulai dinaikkan ke atas perahu utama untuk di buang ke Laut beserta iringan doa,” kata Samian, Selasa (9/8/2022).

Warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan itu berharap, tangkapan ikan setahun ke depan melimpah agar tetap bisa memberi rejeki pada keluarga. “Berharap melimpah, selama ini kami hidup kebanyakan dari tangkapan ikan di laut,” ujarnya.

Sementara itu, Aipda Laswanto, anggota Polairud Polres Pasuruan mengatakan, dalam rangkaian kegiatan itu diikuti oleh kurang lebih 150 nelayan dari 50 lebih perahu. Warga yang melaksanakan kegiatan tersebut juga kondusif tak ada kericuhan di laut.

“Memang kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram,” katanya. (don/may)