Yuk, Ketahui Penyebab Bayi Gumoh dan Cara Mengatasinya!

172

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ibu-ibu pasti khawatir jika belakangan ini bayinya sering gumoh. Walau, umum terjadi pada usia 3 bulan pertama, namun ibu harus tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Untuk diketahui, gumoh adalah keluarnya ASI, cairan, atau makanan yang baru saja ditelan bayi. Dalam bahasa medis, gumoh disebut juga refluks.

Penyebab Bayi Gumoh yang Jarang Diketahui

Selama ini, para ibu menganggap gumoh pada bayi hanya disebabkan si bayi kekenyangan. Padahal, ada penyebab lain yang penting pula diperhatikan, yakni:

1. Alergi Makanan

Bayi yang cukup sensitif terhadap makanan umumnya sering gumoh. Salah satu jenis alergi yang menyebabkan bayi gumoh adalah alergi susu sapi.

2. Merasa Kenyang

Gumoh bisa menjadi tanda bahwa si Kecil sebetulnya sudah kenyang setelah menyusu. Sebab, kapasitas lambung bayi umumnya hanya sekitar 1 ons per kg berat tubuhnya.

3. Menelan Udara Saat Menyusu

Selain kekenyangan, penyebab lain bayi gumoh adalah karena si bayi menelan udara saat menyusu atau makan. Ketika bayi menelan udara bersamaan dengan ASI, gas yang masuk akan terperangkap dalam lambung.

4. Bayi Terserang GERD

Salah satu penyebab gumoh lainnya adalah bayi mengalami kondisi Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD cenderung terjadi pada bayi prematur.

Cara Mengatasi Bayi yang Sering Gumoh

Setelah mengetahui penyebabnya, pasti ibu juga ingin tahu bagaimana cara mengatasi bayi gumoh. Apalagi jika gumohnya terlalu sering dalam satu waktu yang berdekatan. Berikut caranya:

  • Pastikan posisi menyusui tepat.
  • Beri ASI atau makanan pendamping sesuai dengan kapasitas bayi.
  • Bantu bayi bersendawa setelah menyusu.
  • Hindari mengajak bayi bermain atau mengayunkan tubuh bayi saat memberi makan atau ASI.
  • Jangan memakaikan popok yang ketat.
  • Sehabis makan jangan langsung ditidurkan, boleh duduk atau digendong dengan posisi badan tegak.

Nah, setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya kini sebagai seorang ibu tidak perlu khawatir. Bila si bayi masih sering gumoh juga, sebaiknya segera bawa ke dokter ya, bu. (trj)