Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Asal Mula Munculnya Lomba Tarik Tambang

186

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tarik tambang menjadi salah satu perlombaan yang seru dimainkan saat momen Agustusan. Namun, tahukah Bolo bagaimana asal mula dari lomba ini?

Dilansir dari berbagai sumber, tarik tambang sendiri sudah ada sejak masa India Kuno. Yakni, bermula dari pertandingan Raja Gathkra dengan seorang Pandita yang baru selesai bertapa di Himalaya.

Raja Gathkra yang berasal dari Kerajaan Chandranayan di India Utara tersebut terkenal sebagai sosok yang menyeramkan. Pasalnya, ia suka memakan tubuh manusia.

Mendapati kebiasaan raja yang seperti itu, kemudian Pandita menantang Raja Gathkra untuk adu tarik tambang. Raja Gathkra pun menerima tantangan tersebut.

Tanpa tunggu lama Pandita pun segera mengumpulkan rakyat untuk terlibat dalam pertandingan. Sebelum itu, Pandita menjelaskan aturan dari permainan tarik tambang dan kosekuensi yang harus dilakukan bagi yang kalah.

Baca Juga :   Meriahkan HUT RI ke-77, Puluhan Nelayan di Lekok Lomba Balap Perahu

Adalah, permainan ini akan selesai jika satu pihak berhasil menarik pihak lain dengan tarik tambang yang tersedia. Adapun konsekuensinya, bila Raja Gathkra kalah maka kekuasaan raja akan menjadi milik rakyat.

Raja menyetujuinya dan permainan pun berlangsung. Alhasil, pihak rakyat dan Pandita menang karena kerja sama ditambah dengan bantuan para dewa. Akhirnya, raja dan pasukannya yang kalah diikat dan diarak keliling kota, lalu dibuang ke laut. (trj)