Gubernur Jatim Ajak Warga Sedekah Oksigen Melalui Tanam Mangrove

121

Nguling (WartaBromo.com) – Gubernur Jawa Timur mengunjungi taman mangrove di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Selasa (30/8/2022). Dalam kegiatan itu, Khofifah mengajak warga untuk sedekah oksigen.

“Kita sedang menghadapi perubahan iklim global, dan salah satu cara yang bisa kita dedikasikan untuk menyelamatkan bumi adalah dengan menanam,” kata Khofifah usai menanam bibit mangrove di tepi pantai Taman Mangrove Penunggul.

Menurutnya, oksigen yang diproduksi oleh mangrove bisa mencapai 5 kali lipat dari pohon yang ada di daratan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat khususnya di Jawa Timur agar bisa bersedekah oksigen.

“Hari ini saya ingin menyampaikan kepada seluruh warga Jawa Timur semuanya, dan warga bangsa semuanya, mari bersedekah oksigen,” jelasnya.

Baca Juga :   Berdayakan Potensi Maritim, Pemkot Pasuruan - Bank Jatim Bareng KNPI Tanam Mangrove

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga melepas ribuan kepiting, burung dan bibit ikan bandeng di pesisir pantai Penunggul Nguling. Harapannya adalah agar bisa menumbuh kembangkan hutan mangrove menjadi eco wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Menanggapi ajakan Gubernur, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf juga mendorong bagi seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi melakukan penanaman mangrove di kawasan tepi pantai.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan 48 kilometer panjang pantai di Kabupaten Pasuruan.

“Penanaman mangrove saat ini juga banyak di inisiasi oleh kelompok-kelompok masyarakat, kelompok-kelompok peduli lingkungan, dan sebagian juga harus diikuti oleh tanggung jawa sosial seperti perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan maupun Jawa Timur,” tuturnya. (don/yog)