Fakta Menarik Mangkuk Ayam Jago yang Legendaris di Asia

133

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mangkuk ayam jago sering kali dijumpai di berbagai tempat makan. Selain sudah dikenal secara turun temurun, mangkuk satu ini pun punya sederet fakta menarik.

Bila dahulu mangkuk ayam jago hanya bisa dijumpai di resto mahal, kini semua tempat makan menggunakannya. Sehingga, mangkuk ini tak asing lagi di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata inilah fakta menarik lain seputar mangkuk ayam jago yang legendaris di Asia:

1. Dibuat di China oleh Masyarakat Hakka

Mulanya, mangkuk ayam jago muncul di Provinsi Guangdong, China. Awalnya mangkuk ini hanya berwarna putih polos tanpa ada goresan apapun.

Kemudian, mangkuk tersebut dikirim ke distrik Pang Khey untuk diberi goresan gambar dan dilakukan pewarnaan. Nah, barulah motif ayam jago digambarkan pada mangkuk.

2. Menyimpan Makna Gambar yang Mendalam

Gambar ayam jago pada mangkuk ini ternyata punya makna mendalam, lho Bolo. Ayam jago akan melambangkan makna kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera.

Sedangkan, bunga yang tergambar melambangkan kesejahteraan dan status sosial yang tinggi. Daun pisang melambangkan nasib dan keberuntungan.

3. Pertama Kali Dikenalkan di Thailand

Mangkuk ayam jago memang diperkenalkan pertama kali oleh komunitas Hakka dari China. Namun ternyata, yang pertama kali membuatnya justru komunitas Hakka di Thailand.

Sebelum perang dunia II, pedagang China yang berada di Thailand memesan mangkuk ayam jago untuk dijual dengan harga murah. Kemudian, Tahun 1957 menjadi penanda dimulainya produksi mangkuk ayam jago di pabrik baru di Provinsi Lampang, Thailand.

Hingga sekarang, mangkuk ayam jago masih kerap terlihat dan digunakan di berbagai tempat makan. Hanya saja, kini ukurannya sudah mulai beragam. Beli mangkok ayam jago di sini. (trj)