Tak Melulu Jahat, Yuk Ketahui 3 Jenis Hacker yang Ada di Dunia Siber

67

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hacker atau peretas di dunia digital identik dengan tindak kejahatan yang melanggar hukum. Tindakannya pun dianggap merugikan masyarakat.

Namun ternyata tak semua hacker jahat atau melakukan tindakan merugikan lho, Bolo. Pasalnya, ada 3 jenis hacker yang ada di dunia siber.

Apa saja? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Black Hat Hacker

Dilihat dari namanya, hacker satu ini jelas tujuannya tidak baik. Black Hat Hacker juga dikenal dengan sebutan ‘Security Cracker’ atau ‘Unethical Hacker’.

Tujuan dari hacker jenis ini adalah untuk meretas sistem secara ilegal. Biasanya untuk mencuri uang, data pribadi atau data-data penting dari suatu perusahaan.

2. White Hat Hacker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tak semua hacker berniat jahat. Ada pula yang tujuannya baik seperti White Hat Hacker.

Baca Juga :   Mabes Polri Limpahkan Berkas Peretas Situs Kemendagri asal Pandaan

White Hat ini punya nama lain Ethical Hackers (peretas etis) atau Penetration Tester (penguji penetrasi). Peretasan yang dilakukan White Hat ini telah memiliki izin. Salah satunya adalah untuk menguji keamanan sistem.

3. Gray Hat Hacker

Selain jahat dan baik, ada juga hacker yang ‘abu-abu’ alias berada diantara keduanya, yakni Gray Hat Hacker. Hacker jenis ini mempunyai kemampuan meretas sistem apapun bahkan tanpa adanya izin.

Namun, hacker jenis ini tidak punya tujuan untuk mencuri atau merusak sistem. Umumnya, Gray Hat Hacker hanya memberi tahu administrator sistem apabila ada celah atau bug dalam sistem. (trj)