Unik, Ikan Endemik di Ranu Grati Ini Transparan hingga Tampak Organ Dalam

268

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selain panoramanya yang menawan, danau vulkanik Ranu Grati di Kabupaten Pasuruan ternyata memiliki sejumlah keistimewaan.

Salah satunya adalah keberadaan ikan Lempuk yang merupakan spesies endemik dan tidak banyak dijumpai di tempat lain. “Ikan ini endemik karena tidak banyak kami temukan di tempat lain,” kata Faqih Abdurrahman, pengajar di Fakultas Perikanan di Universitas Brawijaya, Malang ini.

Faqih menghabiskan waktu sekitar tiga tahun untuk meneliti ikan dengan nama latin Gobioptorus SPP ini. Menurutnya, ikan ini memiliki beberapa keunikan.

Di antaranya, bentuk tubuhnya yang transparan hingga organ dalamnya kelihatan dari luar. “Jantung, ususnya kelihatan. Jadi kalau makan kelihatan dari luar,” ungkapnya.

Baca Juga :   Diduga Tercemar, Air Sungai di Bangil Ini Menghitam dan Berbau

Kendati dinyatakan sebagai ikan endemik, Faqih belum mengetahui secara pasti bagaimana ikan tersebut bisa ada di Ranu Grati.

Yang pasti, menurut Faqih, ikan Lempuk ini bernilai ekonomi tinggi dibanding jenis ikan air tawar lainnya. Karena itu, saat ini pihaknya berusaha melakukan domestifikasi untuk membuka peluang pembudidayaan ikan tersebut. (don/asd)