Fatma Syaifullah Yusuf Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan untuk Tekan Stunting di Kota Pasuruan

62

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ketua TP PKK Kota Pasuruan sekaligus Ketua Forikan Kota Pasuruan Fatma Syaifullah Yusuf hadir dalam acara Panen dan Tebar Benih Ikan Nila pada lahan Dinas Perikanan Kota Pasuruan pada Kamis (13/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Fatma menyampaikan pesan memuat ajakan kepada masyarakat Kota Pasuruan untuk membiasakan mengonsumsi ikan guna menekan angka stunting.

Hal tersebut dilakukannya sebagai bagian dari program kerja (Pokja) III TP PKK Kota Pasuruan yang bertujuan untuk menekan angka stunting dan mengoptimalkan nilai gizi pangan pada keluarga.

“Sore ini saya selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan bersama para pengurus, hadir di sini untuk bersama-sama menebar benih ikan khususnya ikan nila, dan saya berharap kegiatan seperti ini juga terus dilakukan di kolam-kolam yang ada di kelurahan atau tambah-tambak masyarakat yang ada di Kota Pasuruan,” kata Fatma.

Baca Juga :   Ratusan Rumah di Kota Pasuruan Terendam Banjir

Kemudian, Fatma pun menjelaskan bahwa harapannya dengan adanya tebar benih ini, maka hasilnya dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat.

“Sehingga, hasil panennya dapat dikonsumsi oleh masyarakat dalam upaya gerakan makan ikan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Fatma menerangkan bahwa hasil panen dari lahan Dinas Perikanan Kota Pasuruan ini kedepannya akan dibuatkan festival ataupun dijual dengan harga murah bagi masyarakat Kota Pasuruan.

Dengan harapan hal tersebut dapat memantik masyarakat untuk gemar mengonsumsi dan membudidayakan ikan di setiap kelurahan yang ada.

“Tujuan kami dalam menebar benih ini adalah membantu pemerintah Kota Pasuruan untuk menekan angka stunting. Mengingat, angka stunting di Kota Pasuruan masih cukup tinggi, maka diharapkan anak-anak lebih banyak mengkonsumsi ikan agar gizinya terpenuhi,” paparnya.

Baca Juga :   Kebakaran Pabrik Randupitu hingga Penggerebekan Rumah Bos “Ora Umum” QNet | Koran Online 7 Okt

Terakhir, seusai acara Fatma pun menyempatkan diri untuk melihat langsung proses jual beli ikan dan mengadakan dialog dengan para penjual.

Mulai dengan menanyakan terkait harga jual per kilogram, asal ikan didapatkan, sampai dengan proses distribusi yang dijalankan.

Selain itu, istri dari Gus Ipul itupun mengajak kepada segenap pengurus yang hadir untuk turut membeli ikan mujair, udang, dan hasil tambak lainnya. (trj/**)