Ternyata Segini Jumlah Populasi Semut di Dunia

119

Pasuruan (WartaBromo.com) – Keberadaan semut di dunia tak jarang jadi perhatian. Ukurannya yang kecil membuat sebagian orang bertanya, sebenarya berapa populasi semut di dunia?.

Menjawab pertanyaan tersebut, dilansir dari mongabay.co.id, perhitungan koloni semut ternyata pernah dilakukan.

Penelitian tersebut diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Studi ini dilakukan oleh ahli ekologi serangga, Sabine S. Nooten. Ia memperkirakan jumlahnya dua hingga 20 kali lebih tinggi dari penelitian sebelumnya.

“Kami sangat terkejut dengan banyaknya jumlah semut yang kami temukan,” ungkapnya.

Ia pun terkejut sebab mulanya tak punya ekspetasi apapun soal angka jumlah semut yang beredar. Apalagi, angka-angka yang ada dalam dalam literatur ilmiah pada dasarnya adalah tebakan terpelajar.

Baca Juga :   Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa

“Mereka memiliki data empiris yang sangat sedikit untuk digunakan,” imbuh Sabine.

Lantas, berapakah total koloni semut di bumi? diperkirakan sekitar 20 kuadriliun semut, atau nominalnya 20.000.000.000.000.000. Angka ini menguak bahwa populasi semut jauh lebih banyak dibandingkan populasi manusia.

Angka tersebut didapat dari kumpulan data komprehensif studi, yang mencakup 80 tahun. Misalnya, tim memperkirakan jumlah semut yang tinggal di tanah, yang menghuni daerah tropis dan subtropis.

Nah, menurut data, jumlah semut sangat tinggi terdapat di hutan tropis Afrika Barat dibandingkan daerah di Kutub Utara. Yakni, sekitar 3 kuadriliun atau 3 ribu triliun. (trj/yog)