Jurnalis WartaBromo Raih Fellowship ke Johannesburg

139

Pasuruan (WartaBromo.com) – Penghargaan tingkat internasional kembali diraih jurnalis WartaBromo, Asad Asnawi.

AkhIr bulan ini, wartawan yang akrab disapa Asad ini dijadwalkan terbang ke Johannesburg, Afrika Selatan untuk menghadiri African Investigative Journalism Conference (AIJC).

Ini merupakan penghargaan kelima kalinya diraih Asad di tingkat internasional. Sebelumnya, penghargaan serupa diperoleh Asad dari Earth Journalism Network (EJN) selama dua kali, Global Against Investigative Transcorporation Crime (Gitoc) hingga Philippines Center Investigative Journalism (PCIJ).

Beberapa fellowship yang diperoleh Asad di antaranya pada program Enviromental Investigative Reporting Asia Pasific, serta kejahatan lingkungan di Asia.

Asad bilang, selama di Afrika Selatan, pihaknya akan mengikuti sejumlah program pelatihan guna peningkatan kapasitas. Seperti penggunaan perangkat atau platform teknologi untuk keperluan investigasi.

Baca Juga :   Jurnalis WartaBromo Kembali Raih Fellowship Asia-Pasifik

Kegiatan yang dipusatkan di Wits University, Johannesburg itu akan diikuti puluhan peserta dari berbagai negara. Asad menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia.

“Tentu seneng lah . Dapat kesempatan belajar, menambah wawasan dan berbagi pengalaman,” ujar Asad atas prestasi yang didapatnya itu. (don/asd)