Bicara Pemuda, Mas Adi : Anak Muda Harus Hadir di Semua Sektor

189
Suasana Podcast memperingati Hari Sumpah Pemuda di Studio Warta Bromo. Menghadirkan Wawali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kab. Pasurun Andri Wahyudi dan Ketua Pasuruan Inspiratif Dedy Setiawan

Pasuruan (WartaBromo. com) – Semangat anak muda saat ini sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Membangun kebersamaan dan menyatukan presepsi perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.TP, M.Si saat sesi Podcast di Studio Warta Bromo pada Jumat (28/10/2022). Wawali yang akrab disapa Mas Adi mampu tampil stereo dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi dan Ketua Pasuruan Inspiratif, Dedy Setiawan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Podcast ini dipandu jurnalis Warmo, Akmal Taufik.

“Adanya globalisasi saat ini membuat tantangan yang dihadapi oleh pemuda era ini tidaklah mudah. Perkembangan zaman memerlukan transformasi digital, memaksa kita untuk berakselerasi, butuh kesamaan presepsi untuk membangun kebersamaan. Anak-anak muda saat ini harus hadir di semua sektor, ” ujarnya

Baca Juga :   Tuntut Keterbukaan, Aliansi Lingkar Pemuda Kritisi Raperda Kepemudaan

Dalam diskusinya, Mas Adi menyampaikan dengan keberagaman bangsa Indoensia, sinergi menjadi hal yang penting dalam menyatukan perspektif, menciptakan kolaborasi yang positif untuk bersama sama mendukung dan memajukan bangsa Indonesia.

“Realitanya, latar belakang politik, sosial, ekonomi maupun tingkat pendidikan di dalam masyarakat tidak sama. Sinergi ini penting untuk menyamakan prespektif. Tidak harus sama atau satu gerakan, justru kita perlu menghargai perbedaan karena itulah kekuatan kita. Prinsipnya, kita harus kolaboratif karena yang kita perlukan yaitu kolaborasi dari perbedaan ini, kita satukan untuk saling mendukung dan berkembang,” jelas Mas Adi

Mas Adi juga menyampaikan, pemuda pendahulu telah banyak menginspirasi dan memberikan warisan bagi anak muda untuk mengisi keterlibatan peran di masa ini dan masa depan. Persatuan menjadi kunci dalam pembangunan bangsa kedepan. Tentunya, dengan peningkatan kualitas diri yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Baca Juga :   3 Basic Skill Utama yang Harus Dimiliki Anak Muda

“Pemuda pendahulu menuliskan sejarah yang luar biasa. Hari ini kita diwarisi dengan tanggung jawab yang tidak mudah karena tantangannya berbeda. Kualitas peningkatan diri perlu untuk dilakukan. Kuncinya anak muda harus bersatu. Anak muda harus berperan, satukan tekad, bulatkan niat bersama sama mambangun bangsa. Anak muda adalah pemimpin hari ini dan pemimpin masa depan,” kata Mas Adi

Lebih lanjut, Mas Adi juga menyampaikan pemerintah kota terus memberi dukungan dan memfasilitasi anak-anak muda untuk terus berkembang. Meningkatkan capacity building, private sector maupun civil society untuk turut memajukan bangsa, khususnya Kota Pasuruan.

“Untuk menyambut bonus demografi pada tahun 2030 dimana 70% penduduk akan diisi oleh anak-anak muda usia produktif. Kita lakukan peningkatan kapasitas, private sector, maupun civil society. Pemerintah akan terus memberikan fasilitas kepada anak-anak muda dengan harapan kita akan terus ikut memajukan bangsa Indonesia, khususnya Kota Pasuruan,” ucapnya.

Baca Juga :   Pemuda Pasuruan Jadi Wakil Indonesia dalam Dialog ASEAN di Kamboja  

Simak Video Perbincangan Selengkapnya

(day/*)