Bupati Lumajang ke Kantor KPK, Ada Apa? 

180
Bupati Lumajang ke Kantor KPK, Ada Apa? 

Lumajang (WartaBromo.com) Bupati Lumajang, Thoriqul Haq datangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta. Cak Thoriq -sapaan akrabnya- memberikan surat khusus, memohon untuk didampingi dalam pengelolaan tambang pasir.

Kehadiran Bupati Lumajang pada Senin (31/10/2022) ini diterima langsung oleh Nurul Gufron, Pimpinan KPK dan juga Brigjen Polisi Bahtiar Ujang, Direktur Korsupgas III.

“Saya menyampaikan berbagai persoalan yang terjadi dalam pertambangan pasir, tentang tonase truk pasir, stockpile ilegal, kerusakan jalan, jual beli SKAB, pajak daerah yang kurang optimal, kerusakan lingkungan,” jelas Cak Thoriq melalui akun Instagram officialnya.

Saat ini, Pemkab Lumajang sedang fokus untuk operasional stockpile pasir terpadu. Selain itu, pemkab juga sedang membangun jalan tambang permanen, termasuk mengelola sistem pajak daerah.

Baca Juga :   Rawon Nguling Lockdown, Karyawan Di-swab hingga Nenek Asal Tiris Digugat Anak Kandung | Koran Online 6 Ags

“Karena itu, perlu didampingi oleh KPK dalam menata pertambangan pasir supaya koridor atuan hukum dan pelaksanaan aturan berjalan sesuai fungsi masing-masing,” jelasnya.

Cak Thoriq juga meminta KPK mendampingi dalam berkoordinasi lintas sektor. Termasuk persoalan penertiban kendaraan di luar tonase dan peizinannya. Sebab persoalan tersebut juga jadi momok pasir di Lumajang. (may/asd)