Cegah Stunting dan Gizi Buruk, Pemkot Probolinggo Maksimalkan Taman Hatinya PKK

118
Cegah Stunting dan Gizi Buruk, Pemkot Probolinggo Maksimalkan Taman Hatinya PKK

Kanigaran (WartaBromo.com) – Guna mencegah stunting dan gizi buruk, Pemkot Probolinggo masifkan dan maksimalkan Taman Hatinya PKK. Sebuah area khusus untuk menanam tanaman organik. Selain itu, penggerak PKK setempat juga menggelar pelatihan membuat bekal sehat untuk anak.

Peluncuran Taman Hatinya PKK dilakukan di rumah dinas Walikota Probolinggo. Taman tersebut, memaksimalkan penanaman aneka sayuran. Dengan metode hidroponik atau polybag. Penanaman pun tanpa menggunakan pestisida.

“Jadi selain bernilai ekonomis, hasilnya juga sudah pasti sehat. Bisa dipanen sendiri untuk menunjang gizi dan vitamin anak melalui sayuran,” kata Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi, Selasa (08/11/2022).

Upaya ini merupakan tindak lanjut untuk mencegah dan memastikan gizi anak di Kota Probolinggo bisa tercukupi dengan baik. Dengan memanfaatkan lahan sempit sekalipun.

Baca Juga :   2 Warga Kab Pasuruan Positif Covid Setelah Berobat ke Luar Kota, hingga Pemkab Pasuruan Gratiskan KB Cegah Kehamilan Melonjak | Koran Online 3 Juni

Cegah Stunting dan Gizi Buruk, Pemkot Probolinggo Maksimalkan Taman Hatinya PKK

“Persiapan dari penanaman sampai panen hanya sekitar satu bulan, hasilnya pun bagus,” imbuh istri Wali Kota Probolinggo itu.

Tak hanya di rumah dinas walikota, Taman Hatinya PKK juga akan dilakukan sampai ke akar rumput. Seperti RT/RW dan kelurahan di lima kecamatan di Kota Probolinggo.

“Kami ingin, program ini bisa berlanjut sampai ke masyarakat. Sehingga tidak sampai terjadi stunting dan gizi buruk,” timpal Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Kader PKK yang hadir, juga diberi pelatihan untuk membuat bekal bergizi untuk anak. Salah satunya, yakni agar-agar ijolumut. Dimana bahan pembuatnya, ada unsur jus bayam.

“Ini merupakan siasat untuk anak yang kurang suka makan sayur. Sehingga bisa dijus lalu dicampur dengan agar-agar seperti ini,” tandas Aminah Hadi. (lai/adv)