Waspada, Inilah 3 Bentuk Kekerasan Verbal dalam Rumah Tangga yang Jarang Disadari

63

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kekerasan dalam rumah tangga selalu jadi sorotan khalayak. Pasalnya, tindakan tersebut kerap jadi pemicu perceraian.

Perihal kekerasan dalam rumah tangga tak hanya berupa kekerasan fisik, melainkan ada pula kekerasan verbal. Kekerasan ini bahkan jadi salah satu bentuk kekerasan yang sering diabaikan.

Dilansir dari berbagai sumber, kekerasan verbal lebih menggunakan perkataan atau sikap dalam menyakiti korbannya. Nah, agar terhindari dari kekerasan tersebut, yuk kenali 3 bentuknya yang paling umum!

1. Membantah

Setiap pasangan harus bisa membedakan antara membantah dengan mendebat. Pasalnya, tindakan membantah merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal.

Kok bisa? Sebab, tindakan membantah sering kali dimaksudkan agar pasangan berkecil hati. Bisa juga berakhir dengan tindakan memojokkan pasangan di suatu keadaan.

Baca Juga :   Perhatikan ya Bunda, Ini Tanda-Tanda Bayi Kolik

2. Menuduh dan Menyalahkan

Menuduh dan menyalahkan termasuk dalam kekerasan verbal. Tindakan ini biasanya dilakukan seseorang ketika merasa melakukan kesalahan tetapi tak berani mengakuinya.

Bentuk kekerasan verbal ini biasanya diselingi bercandaan, namun lama kelamaan dapat menyakiti hati pasangan. Ini juga kerap disebut sarcastic.

3. Mengabaikan Pasangan

Selain kata-kata yang merendahkan pasangan, mengabaikan pasangan juga termasuk kekerasan verbal. Hal ini bukan dalam artian selalu menggunakan kata-kata saja.

Selain ketiga bentuk di atas, masih banyak bentuk lain yang tergolong dalam kekerasan verbal. Diantaranya, mempermalukan pasangan di depan umum, suka mengancam, gemar mengarang cerita hingga menolak bicara. (trj)