Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk, Perhatikan Hal-Hal Ini!

57

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada banyak manfaat perlindungan penting yang bisa diberikan asuransi mobil kepada para nasabahnya. Karena alasan itu, tidak boleh sembarangan memilih layanan asuransi mobil.

Seperti diketahui, ada dua jenis produk proteksi kendaraan yang umum dipilih masyarakat, yaitu asuransi mobil All Risk atau comprehensif dan asuransi Total Loss Only (TLO). Jika Anda tertarik dengan perlindungan comprehensif, maka penting mengetahui tips asuransi All Risk mobil.

Asuransi mobil All Risk akan menjamin Anda secara finansial dari segala macam risiko kerusakan. Dengan begitu, berkendara pun jadi lebih nyaman dan aman.

Salah satu produk proteksi kendaraan yang menawarkan jenis perlindungan tersebut adalah asuransi mobil Aswata. Nah, buat lebih jelasnya mengenai asuransi mobil All Risk, mari simak selengkapnya dalam pemaparan berikut ini.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk merupakan jenis asuransi mobil yang menanggung seluruh jenis kerusakan mulai dari penyok, lecet, hingga kerugian akibat pencurian.

Dengan kata lain, asuransi mobil comprehensif sering diartikan sebagai asuransi yang memberi ganti rugi saat kendaraan mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Jenis proteksi kendaraan satu ini cukup populer di Indonesia, sebab menawarkan perlindungan yang lengkap. Itulah mengapa jenis perlindungan ini cocok untuk mobil baru karena bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh.

Baca Juga :   Lindungi Ribuan Guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Gandeng BPJAMSOSTEK

Premi Asuransi Mobil All Risk

Lantaran menawarkan perlindungan yang menyeluruh, besaran premi asuransi mobil All Risk lebih tinggi di bandingkan asuransi TLO. Pasalnya, risiko yang dijamin asuransi TLO lebih sedikit di bandingkan asuransi comprehensif.

Adapun ketentuan tarif asuransi mobil All Risk berkisar 1,05-4,2 persen, tergantung harga mobil dan wilayah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rate asuransi mobil All Risk sesuai ketentuan yang berlaku dan diatur OJK:

Kategori

Harga Kendaraan Wilayah I Wilayah 2

Wilayah 3

Kategori 1

0 – Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
Kategori 2 >Rp125 juta -Rp200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
Kategori 3 >Rp200 juta -Rp400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
Kategori 4 >Rp400 juta -Rp800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
Kategori 5 >Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

1,05% – 1,16%

Baca Juga :   Klaim Tak Kunjung Cair, Nasabah Asuransi Bumiputera Probolinggo Kelimpungan

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk

Jika sudah yakin membeli produk proteksi All Risk, maka berikut ini beberapa cara memilih jenis perlindungannya yang terbaik:

1. Perusahaan Terdaftar di OJK

Pastikan penyedia atau perusahaan asuransi legal dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, perusahaan asuransi yang legal pasti perusahaan profesional dan terpercaya.

Dengan begitu, sangat kecil kemungkinan melakukan penipuan terhadap nasabahnya.

2. Bekerjasama dengan Banyak Bengkel Rekanan

Agar mobil yang rusak bisa langsung segera diperbaiki, maka pilihlah perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan di dekat lokasi sekitar Anda. Sebab, Anda butuh layanan derek jika harus diperbaiki di bengkel yang lokasinya jauh dari lokasi.

Anda juga harus memastikan bengkel itu memberi garansi terbaik. Termasuk, jaminan penggunaan suku cadang yang asli bukan suku cadang kw atau palsu.

3. Cek Anggaran

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan  secara menyeluruh. Itulah mengapa, preminya secara otomatis juga tinggi.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Jam Digital yang Mati, Mudah dan Dijamin Berhasil!

Karena itu, pastikan dana Anda cukup untuk membayar premi tersebut per tahunnya.

4. Bandingkan Produk

Tak ada salahnya membandingkan produk asuransi All Risk yang satu dengan lainnya. Meski dari segi premi mungkin tidak jauh berbeda, biasanya ada aspek lain yang berbeda.

Misalnya, perusahaan asuransi A melengkapi dengan tambahan layanan asuransi kecelakaan diri, sedangkan perusahaan asuransi B memberikan tambahan layanan derek gratis.

Pilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilih biaya premi yang paling kompetitif. Untuk memutuskan pilihan terbaiknya, Anda bisa mengetahui dari kebutuhan Anda.

5. Pilih yang Proses Klaimnya Mudah dan Cepat

Langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi yang menawarkan proses klaim mudah dan cepat.

Misalnya jika terjadi kecelakaan dan mobil rusak Anda cukup menghubungi customer service atau call center lalu ada tim yang datang membawa mobil Anda ke bengkel.  Ada juga layanan klaim asuransi yang bisa dilakukan lewat aplikasi yang bisa menjadi pertimbangan.

Itulah penjelasan mengenai asuransi mobil All Risk dan cara memilih produk terbaiknya. Semoga bermanfaat! (**)