Ini Ciri-ciri Set Top Box Palsu, Kenali Sesegera Mungkin

1214
Warga antre untuk membeli STB. Foto: Romadoni

Pasuruan (WartaBromo.com) – STB kini sangat dibutuhkan banyak orang agar saluran TV digital bisa diakses. Berbagai tipe STB dengan harga yang berbeda pun banjir di pasaran.

Diburunya STB membuat keberadaannya cukup langka di toko-toko elektronik, sehingga masyarakat beralih membeli via toko online.

Pembelian STB di toko online memang harus diwaspadai, pasalnya kini mulai marak kemunculan STB palsu. Agar tak tertipu, berikut ciri STB palsu dilansir dari berbagai sumber:

1. Harga Terlalu Murah

Ciri yang pertama, biasanya penipuan berkedok penjualan online akan memasang harga miring. Harga ini tentunya sangat berbeda jauh dari yang ada di pasaran.

2. Pembayaran Tak Bisa Dilakukan dengan COD

Penipuan biasanya enggan untuk bertransaksi melalui rekening bersama. Seperti shopee atau yang lainnya.

Baca Juga :   Ini Skenario Pelaksanaan PPDB 2020/2021 Masing-masing Jalur

Pelaku biasanya kerap meminta korban untuk menggunakan aplikasi lain seperti WhatsApp. Bila menjumpai penjual seperti ini maka sebaiknya skip saja karena diduga penipuan.

3. Memberikan Testimoni Palsu

Cara ini merupakan salah satu yang sering digunakan oleh para pelaku penipuan untuk memperdaya korbannya. Dengan testimoni palsu, korban akan beranggapan bahwa barang yang dijual memang benar adanya.

Untuk melakukan modus tersebut, biasanya pelaku akan menggunakan beberapa akun palsu. Tentu isinya terkait pengiriman, harga, kualitas barang dan lainnya. (trj)