Inilah 3 Faktor Pendukung Good Parenting yang Bisa Ciptakan Kepribadian Baik pada Anak

138

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pola parenting yang diterapkan orang tua sangat berpengaruh pada kepribadian anak. Tak heran jika saat ini generasi orang tua milenial banyak mencari tahu tentang faktor-faktor pendukung good parenting.

Berbicara soal parenting, setiap orang tua pasti akan memberikan kemampuan terbaik agar anak tumbuh dengan baik. Pola asuh yang salah bisa mengakibatkan anak memiliki karakter buruk dikemudian hari.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 3 faktor pendukung good parenting yang bisa menciptakan kepribadian baik pada anak:

1. Privilege Finansial

Sebagai orang tua harus bisa menegaskan kepada anak bahwa uang bukan segalanya namun segalanya butuh uang. Penegasan ini termasuk dalam privilege finansial yang bisa membiasakan anak tidak sembarangan menggunakan uang.

Baca Juga :   Ini Penyebab Saluran ASI Tersumbat

Ajarkan pada anak bila uang tidak selalu menjadi solusi dari semua masalah yang ada. Namun, tanpa uang kehidupan sebagai manusia tidak bisa berjalan dengan baik.

2. Mental Healt

Selain privilege finansial faktor penting yang mendukung good parenting adalah kesehatan mental. Sebab orang tua yang penuh energi positif akan memberikan suasana menyenangkan lagi menentramkan bagi sang anak.

Keadaan tersebut berpengaruh baik bagi tumbuh kembang buah hati. Kedua orang tua harus bahagia, jauh dari perasaan depresi, kesal, marah hingga kesepian agar anak tidak merasa tertekan melihat keadaan orang tuanya.

3. Support System

Suami dan istri harus saling bekerja sama menghadapi segala urusan rumah tangga terlebih ketika sudah punya anak. Keduanya harus bisa menjadi support system untuk satu sama lain.

Baca Juga :   Tips Jitu Jadi Orang Tua yang Adil Apabila Punya Banyak Anak

Selalu komunikasikan bersama setiap perkembangan si kecil. Ciptakan keluarga harmonis demi terbentuknya sifat-sifat mulia pada anak sebab lingkungan keluarga yang penuh kedamaian. (trj)